Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BP Jamsostek Sulama : 342.562 Pekerja Penuhi Kriteria Program Subsidi Gaji

Dalam program subsidi gaji ini pemerintah telah menganggarkan Rp37,74 triliun bagi 15,7 juta pekerja terdampak pandemi Covid-19.
Deputi Direktur Wilayah BP Jamsostek Sulawesi Maluku, Toto Suharto.
Deputi Direktur Wilayah BP Jamsostek Sulawesi Maluku, Toto Suharto.

Bisnis.com, MAKASSAR - BP Jamsostek Wilayah Sulawesi Maluku mencatat sebanyak 342.562 pekerja yang masuk dalam kriteria layak sebagai penerima program subsidi gaji.

Diketahui, pogram yang dicanangkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan tersebut menyasar pekerja dengan upah di bawah Rp5 juta per bulan yang juga terdaftar sebagai peserta BP Jamsostek.

Deputi Direktur Wilayah BP Jamsostek Sulawesi Maluku Toto Suharto menerangkan untuk wilayah pimpinannya, terdapat 46 kantor cabang yang sudah melakukan rekap pendataan rekening pekerja. Dari hasil tersebut sebanyak 342.562 yang dinyatakan memenuhi kriteria.

"Dari 46 kantor cabang BP Jamsostek Sulama, jumlah itulah yang memenuhi target peserta aktif yang memenuhi kriteria per 30 Juni 2020 sekitar 504.772 pekerja," kata Toto, Jumat (21/8/2020).

Lebih lanjut Toto menjelaskan, data yang kepada pemerintah merupakan data peserta aktif kategori pekerja penerima upah atau pekerja formal dengan upah di bawah Rp5 juta berdasarkan upah pekerja yang dilaporkan oleh pemberi kerja dan tercatat pada BP Jamsostek.

Dalam hal ini, pekerja yang dimaksud tidak termasuk peserta yang bekerja sebagai pegawai di BUMN, lembaga negara dan instansi pemerintah, terkecuali non Aparatur Sipil Negara atau ASN.

Sementara itu, kata Toto, khusus di Sulawesi Selatan, data rekening yang dikumpulkan melalui 18 Kantor Cabang per 20 Agustus baru mencapai 133.803 rekening dari target peserta yang memenuhi kriteria sekitar 215.326 pekerja.

"BP Jamsostek Sulama juga bekerjasama dengan Bank Mandiri, BNI, BRI dan BTN agar perbankan Himbara dapat membantu pembukaan rekening bank bagi peserta pekerja penerima upah yang belum punya rekening bank," ungkapnya.

Di sisi lain, Toto menyebut pihaknya akan terus mengoptimalkan koordinasi dengan pelaku usaha atau pemberikerja agar bisa segera mengirimkan data kepada BP Jamsostek melalui aplikasi sistem informasi pelaporan peserta (SIPP) dan format isian excel.

"Hal ini kami sampaikan mengingat penyaluran Bantuan Subsidi Upah akan segera disalurkan oleh Kemenaker dalam waktu dekat ini," kata Toto.

Sebagai informasi, dalam program subsidi gaji ini pemerintah telah menganggarkan Rp37,74 triliun bagi 15,7 juta pekerja terdampak pandemi Covid-19. Untuk nominal yang akan diterima nantinya ditentukan sejumlah Rp600.000 perbulan per orang.

Bantuan tersebut akan diberikan secara berangsur selama empat bulan atau per orang akan mendapatkan Rp2,4 juta secara total. Adapun skema pencairan atau transfer dana dilakukan dua bulan sekaligus sebanyak dua kali. (k36)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler