Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PLTB Sidrap Tahap II Segera Dibangun, Kapasitas 70 MW

Investasi PLTB Sidrap II senilai USD125.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 19 Agustus 2020  |  09:43 WIB
PLTB Jeneponto - Paulus Tandi Bone
PLTB Jeneponto - Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR - Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap Tahap II direncanakan berkapasitas 60-70 MW dengan menggunakan 22 turbin. Masing-masing turbin berkapasitas 3,64 MW.

Kepala Pengembangan Proyek PLTB Sidrap Niko Priyambada mengatakan bahwa penetapan kapasitas tersebut mengikuti proyeksi kebutuhan permintaan listrik Sulsel bagian selatan dan rencana usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL).

Niko menjelaskan, pada pembangunan PLTB Sidrap II, PT UPC Renewables Indonesia, selaku pengembang, menyiapkan investasi senilai USD125. Nilai investasi tersebut lebih rendah dibanding tahap I dengan nilai USD150.

“Nilai investasi PLTB Sidrap II lebih sedikit dari tahap I karena penggunaan lahan yang disiapkan untuk rekonstruksi hanya sekitar 40-50 hektare dan pembebasannya telah mencapai 85 persen,” ujar Niko dikutip Antara, Rabu (19/8/2020).

Sebagian pengeluaran yang digunakan untuk pembangunan PLTB Sidrap I itu juga akan dipakai pada ekspansi.

Salah satunya pemanfaatan kembali gedung operasi pemeliharaan atau kantor induk dalam mengawal pembangunan PLTB Sidrap II, sehingga diharapkan bisa mengurangi biaya.

Niko juga mengungkapkan PLTB Sidrap II sedikit berbeda karena akan dilengkapi sistem baterai. Itu digunakan pada saat angin berhenti mendadak dan mengakibatkan produksi listrik berkurang.

"Daya yang disimpan di baterai itu akan dipakai untuk menurunkan daya secara pelan-pelan agar punya waktu menyalakan pembangkit lain untuk mengisi kekurangan daya," tambahnya.

Pemanfaatan baterai tersebut agar kekurangan produksi daya PLTB Sidrap yang tergantung dari angin tidak menimbulkan gangguan yang terlalu signifikan ataupun berpotensi merusak jaringan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sulsel PLTB Tolo-I di Jeneponto

Sumber : Antara

Editor : Amri Nur Rahmat

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top