Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sulsel Pacu Aktivitas Konstruksi

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus menyusun skenario dalam upaya perbaikan ekonomi daerah.
Pembangunan proyek jalan tol layang A.P. Pettarani di Makassar memasuki tahap akhir/ PT Margautama Nusantara
Pembangunan proyek jalan tol layang A.P. Pettarani di Makassar memasuki tahap akhir/ PT Margautama Nusantara

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus menyusun skenario dalam upaya perbaikan ekonomi daerah. Meski sempat mengalami kontraksi hingga minus 3,87 pada kuartal II/2020, Pemerintah Provinsi Sulsel mengaku optimistis ekonomi Sulsel bisa kembali menggeliat pada kuartal III/2020.


Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan akan terus memacu sejumlah sektor strategis. Salah satunya yakni sektor konstruksi. Menurut Nurdin, sektor tersebut saat ini cukup potensial untuk memulihkan kembali ekonomi Sulsel. Termasuk dari sisi penyerapan tenaga kerja.

"Saya kira kita akan memacu kegiatan konstruksi. Infrastuktur menjadi salah satu program padat karya kita. Jadi, yang tadinya terdampak PHK bisa kerja kembali," jelas Nurdin usai upacara peringatan HUT ke-75 RI, Senin (17/8/2020).

Nurdin meyakini, pembangunan infrastruktur akan turut memantik performa seluruh sektor tak hanya ekonomi, tetapi juga kesehatan dan pendidikan. Terlebih saat ini sejumlah proyek strategis masih dalam proses pembangunan di Sulsel.

Di sisi lain, sektor konstruksi merupakan salah sektor yang mendongkrak nilai investasi Sulsel sepanjang kuartal II/2020. Merujuk data Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulsel, sektor konstruksi berkontribusi sebesar Rp671 miliar. Tertinggi kedua setelah sektor transportasi dengan nilai investasi sebesar Rp1,09 triliun.

"Momentum hari kemerdekaan ini harus menjadi momen untuk kita membangun komitmen memulihkan ekonomi kita yang terimbas Covid-19 agar tidak terkoreksi lebih dalam lagi," terang Nurdin.

Saat ini tercatat ada sejumlah kegiatan konstruksi yang akan didorong Pemprov Sulsel. Di antaranya, pembangunan Stadion Mattoanging, pembangunan Twin Tower di kawasan Center Point of Indonesia (CPI), dan yang terbaru pembangunan jalan Tol Makassar-Takalar.

Sementara itu, Plt Direktur Utama Perseroda Sulsel, Taufik Fachruddin mengaku Perseroda Sulsel akan turut terlibat di semua sektor pembangunan Sulsel. Utamanya, pada program strategis di sektor infrastruktur dengan menggandeng perusahaan atau BUMN untuk berinvestasi.

"Perseroda siap terlibat dalam pembangunan strategis infrastruktur Sulsel, termasuk beberapa pembangunan di Sulsel, misalnya twin tower. Kami akan terlibat karena salah satu unit perusahaan dari perseroda adalah Sulsel konstruksi," ungkap Taufik. (k36)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler