Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Warga Sulteng Diminta Waspada, OTG Dimana-mana

Pasien meninggal yang merupakan warga Kabupaten Morowali itu tidak memiliki riwayat pernah melakukan kontak dengan pasien yang terinfeksi Covid-19.
Ilustrasi aktivitas di pasar./Antara
Ilustrasi aktivitas di pasar./Antara

Bisnis.com, PALU - Juru Bicara Teknis Bidang Kesehatan Gugus Tugas Covid-19 Sulawesi Tengah dr.Jumriani mengimbau masyarakat agar berhati-hati dan waspada terhadap penularan dan penyebaran virus corona melalui Orang Tanpa Gejala (OTG).

"OTG ada di mana-mana (di Sulteng) sehingga kita harus terus berhati-hati," katanya kepada Antara di Palu, Jumat (26/6/2020), sehubungan meninggalnya seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dari Sulteng pada Senin (22/6) di RS Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar yang belakangan dketahui positif Covid-19.

Padahal, katanya, pasien yang merupakan warga Kabupaten Morowali itu tidak memiliki riwayat pernah melakukan kontak dengan pasien yang terinfeksi Covid-19.

"Tetapi pasien yang meninggal itu berprofesi sebagai pedagang eceran. Saat ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulteng melakukan tracking terhadap kasus ini," ujarnya.

Ia khawatir pasien asal Desa Bungi Kecamatan Bungku itu terpapar Covid-19 dari barang-barang eceran yang dia jual yang telah tersentuh banyak tangan.

Hasil diagnosa klinis awal, sambungnya, pasien tersebut mengalami hypertropiorostat kemudian dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Morowali, Rabu (17/6).

Selanjutnya dilakukan rapid test dan hasilnya nonreaktif, namun pada Sabtu (20/6) ia dirujuk ke RS Dr.Wahidin Sudirohusodo Makassar karena keterbatasan sarana dan prasarana bedah urologi (Hypertropirostat) di RSUD Morowali.

"Minggu (21/6) ia tiba di RS Dr.Wahidin Sudirohusodo dan langsung dilakukan computed tomography (CT) scan, kemudian dia ditetapkan sebagai PDP. Pada Senin (22/6) ia meninggal dan langsung dilakukan tes swab oleh tim Gugus Tugas Covid-19 RS Dr.Wahidin Sudirohusodo Makassar," terangnya.

"Pada Selasa (23/6) hasil swabnya keluar dan terkonfirmasi positif sehingga Dinkes Sulteng dan Dinkes Kabupaten Morowali melakukan tracking terhadap kasus itu," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper