Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Olly Optimistis Superhub Kawasan Timur Percepat Kemajuan Sulut

Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey optimistis Super Hub Kawasan Timur bakal mempercepat pembangunan di Sulut.
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meresmikan pawai takbir keliling di Manado, Selasa (5/7/2016)/Bisnis.com- David Eka Issetiabudi
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey meresmikan pawai takbir keliling di Manado, Selasa (5/7/2016)/Bisnis.com- David Eka Issetiabudi

Bisnis.com, MANADO - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey optimistis Superhub Kawasan Timur bakal mempercepat pembangunan di Sulut.

Dalam video conference rapat koordinasi tentang Superhub Kawasan Timur bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartato, Senin (1/6/2020), Olly mengatakan bahwa superhub prioritas ini sangat diharapkan oleh masyarakat yang ada di wilayah timur karena akan mempercepat distribusi ekspor produk-produk dari hasil timur.

"Karena selama ini hasil-hasil pertanian, perkebunan, yang ada di wilayah timur selalu harus turun dulu ke bawah baru naik lagi ke atas," ujarnya, dikutip dari laman resmi Humas Pemprov Sulut, Selasa (2/6/2020).

“Selama ini Pemprov Sulut sudah kerja sama juga dengan Pemerintah Filipina untuk pengadaan (kapal) roro pada saat itu disaksikan oleh Bapak Presiden tapi karena terkendala regulasi yang ada sehingga roro yang sudah sempat jalan terhenti,” sambungnya.

Lanjut Olly, jika superhub prioritas ini terealisasi bakal mempercepat pembangunan di Sulut.

“Kami sangat berterimakasih kepada Menteri PUPR karena infrastruktur yang selama dipersiapkan ini untuk mempersiapkan super hub kawasan timur sudah berjalan dengan baik, misalnya jalan tol sudah sedikit lagi hampir selesai, begitu juga infrastruktur KEK pariwisata juga sebagian sudah selesai tahun ini juga akan ditender dan saya kira kemarin sudah meninjau sampai di beberapa lokasi berjalan dengan baik dan juga kawasan ekonomi khusus industri yang ada di Bitung saat ini sebagai laporan pak menteri sudah beres tanahnya sehingga sudah bisa berjalan efektif,” ungkap Olly.

Di samping itu, Olly berharap adanya regulasi dari Kemenko terhadap wilayah timur agar dapat diberikan insentif sehingga investor mau masuk ke Sulut.

Contohnya, kesiapan dari Pelabuhan Bitung yang sudah bisa dipergunakan hampir per tahun 500 ribu teus bisa berjalan dengan baik karena proyek pengembangan Pelabuhan Bitung hingga kini sudah hampir selesai dan akan didorong apabila regulasi barang ekspor impor ini yang lewat Pelabuhan Bitung bisa berjalan dengan baik.

“Kalau superhub kawasan timur ini didorong dengan regulasi dari pemerintah pusat saya kira sementara ini infrastruktur yang ada sudah sangat siap untuk kita laksanakan dan tentunya juga untuk saat ini di wilayah Likupang, pembangunan hotel di Likupang Barat sampai saat ini berjalan dengan baik untuk hotel bintang lima dengan jumlah kapasitas kamar 200 kamar. Walaupun ada Covid-19, infrastruktur terus berjalan dengan baik,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper