Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Kesiapan Industri Perhotelan di Sulsel Hadapi New Normal

Dalam menghadapi kondisi new normal, pengelola hotel maupun tamu harus memperhatikan betul prosedur pencegahan virus yang sudah menjadi ketetapan badan kesehatan dunia atau WHO.
Sitti Hamdana R
Sitti Hamdana R - Bisnis.com 28 Mei 2020  |  16:47 WIB
Industri perhotelan di Makassar mulai meningkatkan kewaspadaan dengan menyediakan hand sanitizer dan pemeriksaan suhu tubuh pengunjung, menyusul semakin masifnya penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia - Andini Ristyaningrum
Industri perhotelan di Makassar mulai meningkatkan kewaspadaan dengan menyediakan hand sanitizer dan pemeriksaan suhu tubuh pengunjung, menyusul semakin masifnya penyebaran pandemi Covid-19 di Indonesia - Andini Ristyaningrum

Bisnis.com, MAKASSAR - Industri perhotelan di Sulawesi Selatan tengah bersiap untuk menghadapi kondisi new normal yang akan diterapkan oleh pemerintah.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulsel Anggiat Sinaga mengatakan dalam menyambut new normal akan lebih ketat dalam memberlakukan protokol kesehatan yang dianjurkan.

Menurut Anggiat, baik pengelola hotel maupun tamu harus memperhatikan betul prosedur pencegahan virus yang sudah menjadi ketetapan badan kesehatan dunia atau WHO.

“Barang tamu sebelum masuk ke lobby hotel sudah harus disterilkan dengan desinfektan, cuci tangan, serta cek suhu tubuh dan tentunya menggunakan masker,” kata Anggiat kepada Bisnis, Kamis (28/5/2020).

Jelas Anggiat, sementara untuk karyawan hotel utamanya room boy, diwajibkan menggunakan alat pelindung diri masker dan sarung tangan untuk menjaga kualitas layanan.

Lanjutnya, meja restoran juga diatur lebih berjarak dan setelah digunakan akan disemprotkan cairan desinfektan.

“Begitu juga kamar-kamar hotel, setelah check out akan dilakukan proses sterilisasi desinfektan,” paparnya.

Dia menambahkan, saat ini sudah ada beberapa hotel di Sulsel yang beroperasi normal kendati sebagian besar masih tutup.

“Untuk hotel yang tutup, belum ada info pasti terkait pembukaannya,” terang Anggiat.

Sekadar diketahui, akibat pandemic Corona Virus Disease atau Covid-19, ada sekitar 30 hotel yang tutup di Sulsel dan ribuan karyawannya dirumahkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makassar sulsel
Editor : Amri Nur Rahmat
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top