Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Solid Gold Berjangka Edukasi Nasabah Pentingnya Manajemen Risiko

Edukasi manajemen risiko dalam dinilai penting guna meningkatkan pemahaman nasabah terkait pola kerja investasi perdagangan berjangka. Hal itulah yang berupaya dilakukan PT Solid Gold Berjangka Cabang Makassar.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, MAKASSAR - Edukasi manajemen risiko dalam dinilai penting guna meningkatkan pemahaman nasabah terkait pola kerja investasi perdagangan berjangka. Hal itulah yang berupaya dilakukan PT Solid Gold Berjangka Cabang Makassar.

Pimpinan Cabang Solid Gold Berjangka (SGB) Makassar Kezia Pingkan D Massie mengatakan, selama ini masih banyak masyarakat baik calon nasabah maupun yang telah menjadi nasabah hanya melihat dari sisi peluang keuntungannya.

"Padahal, investasi berjangka bersifat high risk high return, sama halnya seperti berinvetasi di pasar modal. Karena itu, edukasi tentang risiko amat penting dilakukan di dalam investasi perdagangan berjangka," ungkap Pingkan pada acara Risk Management Conference SGB Makassar, Rabu (11/3/2020).

Ia menjelaskan, peluang keuntungan pada investasi berjangka bisa dikatakan sangat besar dan berbanding lurus dengan risiko yang akan dihadapi. Namun, risiko tersebut kata Pingkan bisa diminimalisir atau bahkan dihindari dengan beragam teknik yang harus dipelajari dan dilatih terus menerus oleh nasabah.

Olehnya itu, melalui Risk Management Conference yang digelar masyarakat bisa lebih memahami risiko berinvetasi di perdagangan berjangka, termasuk bagaimana mengelola risiko tersebut. Pingkan merindukan, terdapat dua hal dasar yang harus diperhatikan sebelum berinvestasi di perdagangan berjangka.

"Keduanya yaitu aspek fundamental dan teknikal. Dua hal ini hanya bisa dikuasai dengan cara berlatih trading, sampai kita menjadi trader profesional yang akrab dengan fluktuasi pasar yang tinggi dan pandai dalam memanfaatkan momentum dan mengubahnya menjadi peluang," jelasnya.

Pingkan menilai peluang pasar investasi perdagangan berjangka masih cukup besar, utamanya di kota Makassar. Hanya saja minimnya edukasi di masyarakat kerap kali menjadi kendala. Menurutnya, investasi berjangka memiliki peluang keuntungan yang besar sebab nasabah bisa mengambil posisi dalam dua arah.

"Misalnya pada posisi buy atau sell bisa berpeluang mendapatkan gain di pasar," tambah Kezia.

Jumlah nasabah di SGB Makassar sendiri saat ini mencapai 2.749 nasabah. Dalam upaya meningkatkan edukasi perdagangan investasi SGB berencana akan menggandeng 2 universitas di Makassar.

Pingkan menjelaskan, edukasi yang dilakukan akan menyasar 100 ribu orang calon nasabah di kota Makassar. Adapun target nasabah baru SGB Makassar di tahun ini yaitu sebanyak 250 nasabah 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler