Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tender Proyek Manado Outer Ring Road III Ditarget Maret 2020

Lelang proyek Manado Outer Ring Road III dengan total panjang 11,4 kilometer ditargetkan dapat berlangsung pada awal Maret 2020.
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com,MANADO— Lelang proyek Manado Outer Ring Road III dengan total panjang 11,4 kilometer ditargetkan dapat berlangsung pada awal Maret 2020.

Kepala Balai Pelaksana Jalan (BPJN) Wilayah XV mencakup Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dan Gorontalo Triono Junoasmono mengungkapkan telah melakukan pertemuan dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey. Dalam kesempatan itu, dibahas sejumlah program pembangunan strategis Bumi Nyiur Melambai pada 2020.

Salah satu proyek yang menjadi fokus yakni Manado Outer Ring Road (MORR) III. Menurutnya, Gubernur Sulut akan membantu percepatan pembebasan lahan dan berkoordinasi dengan instansi lainnya.

Triono mengatakan saat ini tengah dilakukan pembebasan lahan untuk proyek MORR 3 dengan total panjang 11,4 kilometer (km). Proses tender ditargetkan dapat berlangsung pada awal Maret 2020.

“Untuk program pembangunan MORR 3 tahun ini sepanjang 1,5 km [dari total 11,4 km] dan sisanya dilaksanakan secara bertahap,” jelasnya kepada Bisnis, Rabu (12/2/2020).

Dalam pemberitaan sebelumnya, Gubernur Sulut mengklaim MORR III akan mengurai kemacetan di jalur Malalayang—Bahu, Kota Manado serta pusat kota secara signifikan. Pihaknya berharap sebagian besar kendaraan akan berpindah ke jalur lingkar luar dan tidak memadati area tersebut.

Dia mencontohkan kendaraan yang datang dari arah Malalayang menuju Bandara Sam Ratulangi, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kota Tomohon tidak perlu melintas area pusat kota. Akan tetapi, terdapat jalur alternartif MORR III.

Selain itu, kendaraan yang datang dari arah Mapanget, Paal Dua, Kota Bitung, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kota Tomohon menuju Malalayang dan Tateli juga tidak akan melewati pusat kota.

Selain membahas proyek MORR III, Triono mengungkapkan pembangunan strategis lainnya yang dibahas yakni jalan tol Manado—Amurang. Saat ini, rencana itu tengah dalam tahap studi kelayakan bisnis oleh investor.

“Harapan Gubernur Sulut bisa segera final dan dimulai tahun depan untuk pembebasan lahannya jika semuanya lancar,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ajijah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler