Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Desa Lobong Bolmong Jadi Sentra Produksi Nanas

Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow akan menjadikan Desa Lobong di Kecamatan Passi Barat sebagai sentra produksi nanas.

Bisnis.com, MANADO - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong)  akan menjadikan Desa Lobong di Kecamatan Passi Barat sebagai sentra produksi nanas.

Kepala Dinas Perdagangan dan Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Tonny Toligaga mengungkapkan salah satu program yang yang dimiliki tahun ini yakni menjadikan area Desa Lobong, Kecamatan Passi Barat, Bolaang Mongondow, sebagai sentra produksi nanas. 

“Hasil olahan nanas banyak jenisnya dan juga tingkat kebutuhannya tinggi. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kami akan jadikan Desa Lobong dan sekitarnya menjadi sentra produksi nanas di Bolmong,” jelasnya dalam siaran pers, Rabu (12/2/2020).

Tonny mengatakan perkembangan industri kecil menengah di wilayah itu menunjukkan peningkatan. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) akan mendorong laju pertumbuhan itu melalui fasilitasi.

Fasilitasi yang diberikan, lanjut dia, berdasarkan kepada kebutuhan IKM. Oleh karena itu, perlu dilakukan identifikasi agar efisien dan efektif.

“Tidak hanya dapat menciptakan lapangan kerja namun juga dapat memberikan efek berantai bagi masyarakat sekitar seperti penyedia bahan baku, pelanggan, serta usaha lainnya yang ada di sekitar IKM,” jelasnya.

Tonny meminta agar IKM dapat merambah pasar yang lebih besar. Apalagi, produk yang dihasilkan menurutnya bersifat otentik autentik atau dimiliki oleh daerah lain.

Dinas Perdagangan dan ESDM Kabupaten Bolmong telah memfasilitasi sejumlah IKM pada 2019. Program itu diberikan kepada pelaku usaha yang memproduksi gula aren, keripik kentang, produk hasil olahan kelapa, bawang goreng, dan produk hasil olahan nanas.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler