Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Suplai Kelistrikan dengan EBT di Sulsel Capai 20 Persen

Tercatat, suplai kelistrikan di wilayah Sulsel khususnya Kota Makassar, dengan menggunakan EBT sekitar 20 persen. 
Ilustrasi listrik padam karena banjir./Antara
Ilustrasi listrik padam karena banjir./Antara

Bisnis.com, MAKASSAR - PLN UIW Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) semakin gencar menggaungkan peran Energi Baru Terbarukan (EBT). Tercatat, suplai kelistrikan di wilayah Sulsel khususnya Kota Makassar, dengan menggunakan EBT sekitar 20 persen. 

Manager UP3 Makassar Utara Yuli Ashaniais mengungkapkan hal itu sejalan dengan komitmen PLN dalam melakukan perubahan dari sisi kelistrikan seperti pemanfaatan angin sebagai alternatif energi listrik yang ramah lingkungan. 

"Era sekarang ini isu lingkungan haruslah menjadi perhatian kita semua. Untuk itu kami melakukan pengembangan dari segi kelistrikan yang lebih ramah lingkungan yang dapat dimanfaatkan masyarakat," ungkap Yuli saat menghadiri Talkshow "Kemitraan Menjaga Bumi" di Phinisi Point, Jumat (7/2/2020). 

Pada kegiatan yang digagas oleh IWAPI (Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia) Sulsel itu, disampaikan pula tentang pentingnya meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan, mengurangi pengunaan kantong plastik serta peluncuran kemitraan lingkungan berkelanjutan. 

Sejalan dengan kegiatan tersebut, PLN juga telah berkomitmen untuk turut melestarikan lingkungan dan berupaya mengurangi emisi karbon hingga 28% pada 2030 di Indonesia yang juga sejalan dengan program pemerintah.

Saat ini PLN sendiri telah menggunakan EBT yang tersebar di wilayah Sulselrabar seperti Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin (PLTB)  berlokasi di Kabupaten Jeneponto dan Sidrap, Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) serta Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). 

"Untuk suplai kelistrikan di wilayah Sulsel, khususnya Makassar, saat ini telah disuplai  menggunakan EBT sekitar 20%," kata Yuli.

Tak hanya terus meningkatkan EBT yang ramah lingkungan, PLN UIW Sulselrabar juga turut mendorong kemajuan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sekaligus peduli lingkungan melalui pengelolaan bank sampah sebagai mitra binaan CSR. 

Hadir dalam kesempatan itu, Siti Maryam sebagai pengelola Bank Sampah unit Salimah Karuwisi. Sebagai mitra binaan CSR PLN Sulselrabar. Matyam mengaku bangga dengan adanya bantuanyang diberikan kepadanya.

"Dukungan PLN melalui CSR kepada bank sampah ini merupakan bentuk kolaborasi yang bagus dalam membentuk lingkungan bersih dan sehat bebas sampah. Untuk itu kami siap bersinergi untukmengubah sampah menjadi berkah di bank sampah," tutur Maryam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper