Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mentan Yasin Limpo Alokasikan KUR Pertanian Gorontalo Rp1 Triliun

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengalokasikan Rp1 triliun untuk kredit usaha rakyat bidang pertanian di Provinsi Gorontalo.
Kredit Usaha Rakyat/Istimewa
Kredit Usaha Rakyat/Istimewa

Bisnis.com, MANADO — Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengalokasikan Rp1 triliun untuk kredit usaha rakyat bidang pertanian di Provinsi Gorontalo.

Syahrul mengungkapkan dana itu diharapkan dapat membantu para petani di Provinsi Gorontalo. Hal itu khususnya dalam meningkatkan modal usaha untuk memenuhi teknologi pengolahan pertanian.

“Saya akan dorong kredit usaha rakyat [KUR] senilai satu riliun rupiah. Saya sudah ukur dana itu,” jelasnya dalam siaran pers, Rabu (5/2/2020).

Mantan Gubernur Sulsel itu mengklaim berkomitmen untuk membantu pertanian Gorontalo. Dalam kunjungannya, dia mengajak seluruh jajarannya untuk melihat dan mengankat potensi pertanian di wilayah tersebut.

Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengaku optimistis dengan prospek pertanian Indonesia, khususnya Gorontalo. Apalagi, pihaknya menilai Menteri Pertanian (Mentan) memiliki segudang pengalaman.

“Saat beliau jadi Bupati lalu Gubernur dua periode di Sulsel terjadi swasembada pangan mulai dari jagung, padi, dan ternak. Sampai dengan hari ini, Provinsi Gorontalo mendatangkan sapi dari Sulsel,” paparnya.

Rusli berharap Mentan dapat memberikan perhatian bagi sektor pertanian Gorontalo. Pasalnya, 65 persen rakyat di wilayah itu bergantung di bidang pertanian, perikanan, dan peternakan.

“Kurang lebih 65 persen masyarakat saya petani, nelayan dan peternak,” imbuhnya.

Dalam kunjungannya ke Gorontalo, Mentan juga melepas ekspor produk pertanian Gorontalo senilai Rp115 miliar. Komoditas yang dikapalkan yakni tepung kelapa, kelapa putih, dan briket arang tempurung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler