Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bapenda Sulsel Perluas Jaringan Pembayaran Pajak Kendaraan

Bapenda Sulsel memperluas jaringan pembayaran untuk pajak kendaraan bermotor (PKB). Kali ini dengan memanfaatkan sektor retail untuk memudahkan pembayaran bagi pemilik kendaraan bermotor.
Asisten Bidang Administrasi Pemprov Sulsel Tautoto TR (kedua kiri), bersama Direktur Pemasaran dan Syariah yang juga Plt Dirut Bank Sulselbar  Irmayanti Sultan (kedua kanan), Kepala Jasa Raharja Sulsel Jahja Joel Lami (kiri), Branch Manager Alfa Midi Sulselbar Didik Kurniawan (tengah) dan Kabid PAD Bapenda Sulsel Darmayani Mansyur (kanan) menyaksikan kasir menginput sistim pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Makassar di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (9/12).
Asisten Bidang Administrasi Pemprov Sulsel Tautoto TR (kedua kiri), bersama Direktur Pemasaran dan Syariah yang juga Plt Dirut Bank Sulselbar Irmayanti Sultan (kedua kanan), Kepala Jasa Raharja Sulsel Jahja Joel Lami (kiri), Branch Manager Alfa Midi Sulselbar Didik Kurniawan (tengah) dan Kabid PAD Bapenda Sulsel Darmayani Mansyur (kanan) menyaksikan kasir menginput sistim pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Makassar di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (9/12).

Bisnis.com, MAKASSAR -- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel memperluas jaringan pembayaran untuk pajak kendaraan bermotor (PKB). Kali ini dengan memanfaatkan sektor retail untuk memudahkan pembayaran bagi pemilik kendaraan bermotor. 

Dengan tetap menggandeng Bank Pembangunan Daerah atau Bank Sulselbar, pembayaran PKB kini bisa dilakukan di mini market Alfa Mart dan Alfa Midi. Asisten Bidang Administrasi Pemprov Sulsel Tautoto TR mengatakan hal itu dilakukan agar wajib pajak dapat membayar pajak tepat waktu dan terhindar dari denda bulanan.

"Berdasarkan arahan gubernur, setiap OPD harus membuat inovasi. Inilah yang dilajukan Bapenda Sulsel dalam hal memberikan kemudahan pada masyarakat. Apalagi fenomena hari ini masyarakat itu semakin antusias membayar pajak. Karena itu jaringan terus diperluas," ungkap Tautoto pada acara peresmian di Alfa Mart Jalan Hertasning Baru, Senin (9/12/2019).

Kemudahan pembayaran yang dilakukan melalui minimarket kata dia mampu memaksimalkan pemasukan daerah dari sektor pajak. Apalagi, pajak daerah merupakan sember pembiayaan pembangunan di Sulsel. Tercatat pada 2019 pajak daerah ditargetkan sebesar Rp3,712 triliun. 

Nilai tersebut merupakan 89% dari total PAD yang ditargetkan sebesar Rp4.168 triliun. Tautoto menjelaskan, dari seluruh jenis pajak daerah, PKB sendiri memberi kontribusi terbesar dengan jumlah target sebesar Rp1,345 triliun atau 36,32% dari total pajak.

"Melihat potensinya yang besar dan untuk memenuhi tuntutan masyarakat yang serba cepat, mudah, dan transparan, Bapenda Sulsel bersama Bank Sulselbar dan Alfa Group membuka layanan pembayaran PKB di 174 gerai di Sulsel," terang Tautoto.

Melihat tren pemasukan PKB saat ini, Bapenda Sulsel mengaku optimistis bisa mencapai target PKB pada APBD perubahan ini. Adapun target PKB pada 2019 ini yaiti sebesar Rp1,34 triliun. Menjelang akhir tahun pencapaian PKB sudah mencapai 95%.

Direktur Pemasaran Bank Sulselbar Rosmala Arifin menambahkan hadirnya layanan PKB di Alfa Group dinilai mampu mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sulsel. Selaku bank milik pemerintah daerah, Bank Sulselbar mengaku siap untuk mendukung segala program inovasi yang dilakukan.

"Kami selaku bank milik pemda selalu memberikan dukungan terhadap program pemerintah daerah meningkatkan PAD. Sebelumnya kami sudah bekerjasama dengan Indomaret, melayani pembayaran secara mobile banking, samsat keliling, dan layanan lainnya," jelas Rosmala.

Pelayanan tersebut memudahkan masyarakat dalam membayar PKB utamanya wajib pajak yang harus membayar tepat waktu agar terhindar dari denda bulanan. Usai membayar PKB di Alfa, wajib pajak diberikan waktu 14 hari untuk membawa struk pembayaran untuk mendapatkan stempel pengesahan dan notice pajak di Samsat terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper