Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kunjungan Wisman Jerman & Amerika Serikat ke Sulut Naik

Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara asal Jerman dan Amerika Serika ke Provinsi Sulawesi Utara yang masuk melalui Bandar Udara Sam Ratulangi, Kota Manado, pada Oktober 2019 meningkat.
Sejumlah wisatawan tiba di Bandara Sam Ratulangi/Antara-Adwit B. Pramono
Sejumlah wisatawan tiba di Bandara Sam Ratulangi/Antara-Adwit B. Pramono

Bisnis.com, MANADO — Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara asal Jerman dan Amerika Serika ke Provinsi Sulawesi Utara yang masuk melalui Bandar Udara Sam Ratulangi, Kota Manado, pada Oktober 2019 meningkat.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara, jumlah wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 10.392 orang pada Oktober 2019. Posisi itu turun 12,52% dibandingkan dengan periode September 2019.

Akan tetapi, jumlah kunjungan wisman naik 24,59% secara tahunan pada Oktober 2019. Pasalnya, jumlah wisman yang datang ke Bumi Nyiur Melambai tercatat sebanyak 8.343 orang periode yang sama tahun lalu.

Secara kumulatif Januari 2019—Oktober 2019, jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Sulut sebanyak 109.583 orang. Tercatat, terjadi kenaikan dari 107.520 orang untuk periode yang sama tahun lalu.

Kepala Badan Pusat Satistik (BPS) Provinsi Sulawesi Utara Ateng Hartono menjelaskan bahwa pola jumlah kunjungan wisman ke Sulut memiliki pola yang sama dari tahun ketahun. Menurutnya, puncak kunjungan terjadi pada Agustus setiap tahunnya.

Di sisi lain, dia menyebut kunjungan wisman Jerman dan Amerika Serikat meningkat cukup tinggi secara bulanan pada Oktober 2019. Kondisi serupa menurutnya juga terjadi pada September 2019.

“Harapannya ini akan berpengaruh terhadap lama dia tinggal dan pengeluaran karena kalau wisman Eropa agak tinggi,” jelasnya Senin (2/12/1019).

Secara keseluruhan, BPS Provinsi Sulut mencatat wisman asal China masih mendominasi kunjungan dengan 8.845 orang atau setara 85,11% dari total Oktober 2019. Posisi kedua diikuti oleh Jerman 329 orang atau 3,17% dan Amerika Serikat 197 orang atau 1,90%.

Sebagai catatan, Sulut membidik jumlah kedatangan wisman 150.000 pada 2019. Tahun depan, Bumi Nyiur Melambai menargetkan kunjungan 200.000 pelancong mancanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper