Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Progres Pemeliharaan Jembatan Tolomato 47,5 Persen

Progres pekerjaan pemeliharaan Jembatan Tolomato, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, sudah melampaui target dan akan selesai pada Desember 2019.
Jembatan Tolomato/Pemprov Gorontalo
Jembatan Tolomato/Pemprov Gorontalo

Bisnis.com, MANADO— Progres pekerjaan pemeliharaan Jembatan Tolomato, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo, sudah melampaui target dan akan selesai pada Desember 2019.

Pekerjaan pemeliharaan Jembatan Tolomato dimulai sejak September 2019. Progres pekerjaan dilaporkan sudah mencapai 47,5% hingga pertengahan Oktober 2019.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Gorontalo menjelaskan bahwa pemeliharaan jembatan itu dikerjakaan oleh dua bidang yakni Bina Marga dan Sumber Daya Air (SDA).

Untuk Bina Marga, tugas yang dilakukan yakni melakukan penguatan penyangga jembatan atau abutment serta pemasangan oprit. Selanjutnya, bidang SDA menggarap proses normalisasi sungai dari sedimen dan pembuatan beronjong.

“Mudah-mudahan perbaikan abutment dan pemasangan oprit yang dilakukan oleh Bidang Bina Marga akan segera selesai, sehingga Bidang SDA segera melakukan pembuatan beronjong di bibir sungai,” ujarnya dalam siaran pers, Jumat (18/10/2019).

Pihaknya berharap pekerjaan itu dapat selesai tepat waktu. Dengan demikian, masyarakat dapat menikmati sarana infrastruktur tersebut.

Pekerjaan itu menggunakan anggaran ABPD-P Dinas PUPR Provinsi Gorontalo. Total dana yang dikucurkan untuk pemeliharaan Jembatan Tolomato senilai Rp2,1 miliar.

Seperti diketahui, banjir yang melanda Kecamatan Sumawa Tengah dan beberapa daerah lainnya menjadi penyebab utama kerusakan beberapa bagian bangunan Jembatan Tolomato. Padahal, infrastruktur itu menjadi penghubung antara Kecamatan Suwawa Tengah dan Kecamatan Suwawa Timur.

Jembatan Tolomato menjadi satu-satunya akses bagi masyarakat di kedua wilayah tersebut untuk menjual hasil bumi ke Kota Gorontalo, menuju sekolah, perkantoran, dan beberapa kebutuhan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper