Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengembangan Pantai Bolihutuo di Gorontalo Perlu Peran Swasta

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menilai optimalisasi pengembangan objek wisata Pantai Bolihutuo di Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, memerlukan peran swasta.
Pantai Bolihutuo/Antara-Wahyu Putro
Pantai Bolihutuo/Antara-Wahyu Putro

Bisnis.com, GORONTALO – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menilai optimalisasi pengembangan objek wisata Pantai Bolihutuo di Kecamatan Botumoito, Kabupaten Boalemo, memerlukan peran swasta.

Fasilitas waterboom, pasir putih, dan pantai yang indah, menurutnya, akan sia-sia jika tidak dikelola dengan baik dan benar.

Dia menilai kondisi objek wisata tersebut memprihatinkan, sehingga berdampak negartif terhadap minat pengunjung.

“Saya lihat sampah di mana-mana, fasilitas olahraga yang dibangun, gedung pameran, ada waterboom dan jet ski terkesan telantar,” ungkap Rusli.

Menurutnya salah satu cara untuk mendorong optimalisasi, yaitu dengan menggandeng pihak investor ataupun melalui BUMD.

Paket pariwisata yang terintegrasi layak dijual mengingat lokasi Pantai Bolihutuo punya banyak titik wisata lain seperti Pulau Bitila, Pulau Monduli, serta sejumlah lokasi penyelaman.

“Jadi, saran saya, pemda segera carikan mitra usaha melalui BUMD bekerja sama dengan swasta. Pak Bupati yang dulu sempat membangun dermaga karena jaraknya hanya 4 jam ke Togean. Buatlah paket wisata yang menarik wisatawan dari Sulut ke sini dan ke Sulteng,” ujarnya.

Mantan Bupati Gorontalo Utara itu menyebut pembangunan objek wisata Pantai Bolihutuo menyedot anggaran puluhan miliar rupiah.

Saat pelaksanaan Sail Tomini tahun 2015, Bolihutuo mendapat kucuran anggaran dari pemerintah pusat, provinsi dan Kabupaten Boalemo.

“Memang ketika itu Ibu Puan Maharani Menko Bidang PMK, sudah mengingatkan. Katanya, pak gubernur fasilitas ini bagus. Kebiasaan di daerah itu ketika peresmian seperti ini semua dibagusin, begitu selesai tinggal puing. Itu mulai terbukti sekarang,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper