Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Sulsel Klaim Tujuh Pencapaian Selama 10 Bulan Memimpin

Pemerintah Provinsi terus mendorong masyarakat benar-benar dapat merasakan akses jalan yang nyaman, mudah dan cepat.
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (kiri) bersama Wakil Gubernur Sudirman Sulaiman melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018)./ANTARA-Puspa Perwitasari
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (kiri) bersama Wakil Gubernur Sudirman Sulaiman melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018)./ANTARA-Puspa Perwitasari

Bisnis.com, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan Prof HM Nurdin Abdullah memaparkan tujuh capaian pemerintah provinsi (Pemprov) selama 10 bulan memimpin daerah yang terkenal dengan potensi pertanian dan pariwisata ini

Mantan Bupati Bantaeng dua periode ini optimistis sejumlah program yang digerakkan saat ini akan berdampak pada peningkatan ekonomi Sulawesi Selatan termasuk infrastruktur yang nyaman untuk masyarakat.

"Saya kira sejak Indonesia merdeka di Luwu Utara ada yang namanya Seko, masyarakatnya itu belum menikmati yang namanya kemerdekaan, bahkan mereka bertanya kapan Indonesia merdeka itu karena akses jalan menuju ke sana itu menggunakan ojek dan dilalui tiga hari tiga malam," ungkap Nurdin Abdullah dalam sambutannya pada acara Konferda dan Konfercab PDIP se-Sulsel di Makassar, Jumat (19/7/2019).

Olehnya itu, saat ini Pemerintah Provinsi terus mendorong masyarakat benar-benar dapat merasakan akses jalan yang nyaman, mudah dan cepat.

“Desember kami janji sudah bisa dilalui mobil, mudah-mudahan kita bisa lewati selama 3 jam, tahun depan kita sudah overlap naikan sampai di atas dan itu akan memperpendek jarak menuju Sulawesi Utara,"jelas Nurdin.

Nurdin menyebut progres dan kemajuan sejumlah program yang dirintisnya tidak terlepas dari kerjasama solid dengan Wagub Andi Sudirman Sulaiman.

"Ini semua karena Gubernur dan Wakil Gubernur selalu berada di lapangan, jarang di kantor lebih banyak di lapangan supaya kita tahu situasi di lapangan," kata mantan Sekjen Apkasi Indonesia itu.

Adapun tujuh capaian Gubernur Nurdin Abdullah dan Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman ini diuraikan sebagai berikut:

1. Akses jalan dari Sabang menuju Seko di Luwu Utara sepanjang 325 kilometer sudah bisa dilalui kendaraan roda empat pada bulan Desember 2019 mendatang.

2. Akses jalan dari Bua menuju Rantepao lewat Bastem. Jalan ini akan dibangun dua jalur dengan empat lajur dan jika jalan tersebut rampung maka Bua Rantepao sudah bisa ditempuh selama 40 menit.

3. Bulan Desember tahun 2019, pesawat ATR72 sudah bisa mendarat di Bandara Buntu Kunyi Tana Toraja. Pembangunan Bandara Tana Toraja terus digenjot untuk rampung tahun ini.

4. Jalan pintas mulai dari Larompong menuju Kabupaten Luwu melalui Komba, tembus Tanrutedong Sidrap juga dibangun tahun ini.

5. Kota Rantepao Toraja Utara dan Makale Tana Toraja akan dilengkapi dengan pedestrian yang berkualitas internasional.

6. Kawasan Pantai Bira di Bulukumba juga dibangun tahun ini untuk menjadi destinasi wisata unggulan.

7. Sejak diperjuangkan 19 tahun lalu, Gubernur Nurdin Abdullah berhasil meyakinkan PT. GMTD Tbk untuk menyerahkan aset lahan Stadion Barombong dan Jalan Metro Tanjung Bunga sepanjang 7 kilometer.

Sementara untuk pembangunan infrastruktur jalan baik dari Sabang-Seko, Bua-Rantepao dan jalan Larompong menuju Kabupaten Luwu melalui Komba tembus Tanrutedong sudah disediakan anggaran khusus dari Kementerian PUPR sebesar Rp1 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Miftahul Ulum
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler