Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gorontalo Utara Bersiap Hadapi Era Revolusi Industri 4.0

Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin, mengatakan daerah itu harus bersiap menghadapi era digital 4.0.
Ilustrasi revolusi industri 4.0./Reuters-Wolfgang Rattay
Ilustrasi revolusi industri 4.0./Reuters-Wolfgang Rattay

Bisnis.com, GORONTALO – Bupati Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, Indra Yasin, mengatakan daerah itu harus bersiap menghadapi era revolusi industri 4.0.

Hal itu dia sampaikan seusai melantik dan mengambil sumpah 30 orang kepala sekolah dan pengawas sekolah di aula kantor Dinas Pendidikan Nasional setempat, Rabu (3/7/2019).

Kegiatan belajar mengajar di setiap sekolah, ungkapnya, harus memprioritaskan penguasaan teknologi, sebab kita sudah berada di era digital 4.0 yang menuntut setiap peserta didik memiliki keahlian maupun keterampilan khusus di bidang itu.

Sementara setiap kepala sekolah, tidak hanya dituntut dalam penguasaan manajemen sekolah, namun harus mampu menguasai teknologi dengan baik.

"Maka berbagai upaya memperkuat kualitas sumber daya manusia melalui penguatan kapasitas kepala sekolah dan perangkat sekolah, termasuk kurikulum pembelajaran harus menjadi program inovasi di setiap sekolah," ujarnya.

Bupati mengatakan peran kepala sekolah sangat penting untuk dapat mewujudkannya. "Seorang kepala sekolah dalam mengemban tugas dan tanggung jawabnya sebagai pemimpin di setiap sekolah, tidak hanya dituntut memahami manajemen sekolah namun harus mampu menyusun program-program strategis yang mampu mendorong kegiatan belajar mengajar aktif, partisipatif dan berkualitas."

Dia menambahkan proses rotasi kepala sekolah adalah hal yang biasa, sebagai bagian dari promosi jabatan maupun bentuk penyegaran sebab tidak dipungkiri, beberapa kepala sekolah sudah menempati jabatannya di satu sekolah lebih dari lima tahun.

Kondisi itu tentu menuntut penyegaran dalam rangka meningkatkan kapasitas diri serta jabatan kariernya.

Tidak hanya kepala sekolah, kata Bupati, harapan yang sama pun berlaku bagi para pengawas sekolah yang memiliki peran penting dalam kemajuan sekolah-sekolah di daerah itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper