Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gaet Wisatawan. Pemprov Sulut Utamakan Strategi 3A

Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengutamakan strategi 3A yakni atraksi, aksesibilitas, dan amenitas untuk menggaet lebih banyak wisatawan berkunjung ke Bumi Nyiur Melambai.
Keindahan Bunaken/Jibiphoto
Keindahan Bunaken/Jibiphoto

Bisnis.com, MANADO—Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara mengutamakan strategi 3A yakni atraksi, aksesibilitas, dan amenitas untuk menggaet lebih banyak wisatawan berkunjung ke Bumi Nyiur Melambai.

Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen mengatakan bahwa ketiga aspek itu merupakan hal penting dalam pengembangan pariwisata. Menurut Edwin strategi 3A merupakan salah satu kunci pertumbuhan sektor pariwisata Sulut.

"Atraksi termasuk pembenahan objek wisata alam, buatan, budaya. Kemudian aksesibilitas yaitu peningkatan konektivitas udara, kualitas jalan dan akses antarmoda menuju destinasi wisata serta amenitas mencakup pembangunan fasilitas umum dan fasilitas pariwisata," kata Edwin dalam siaran pers, Jumat (31/5/2019).

Edwin mengatakan strategi pembangunan industri pariwisata Sulut dapat dikerjakan secara optimal dengan terus mengembangkan indentitas usaha pariwisata tradisional dan pariwisata modern.

Kebudayaan dan pelayanan maksimal kepada konsumen, lanjut Edwin, juga menjadi hal penting dalam meningkatkan daya saing usaha pariwisata. Dalam hal ini Edwin menyebut tentang upaya membangun produk berwawasan lingkungan dan berbasis masyarakat.

Edwin menjelaskan bahwa Kementerian Pariwisata RI telah menobatkan Sulut sebagai The Rising Star sektor pariwisata Indonesia. Penobatan itu karena Sulut mampu mendorong pertumbuhan kinerja pariwisatanya hingga 600 persen dalam 4 tahun terakhir.

Edwin mengharapkan tren tersebut masih dapat dipertahankan hingga tahun ini seiring dengan beberapa gelaran pariwisata internasional yang akan dihelat. Ketiga perhelatan tersebut adalah Festival Bunaken, Festival Pesona, dan Tomohon International Flower.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler