Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dispar Gorontalo Gelar Festival Beduk dan Takbir 2019

Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo menggelar Festival Beduk dan Takbir 2019 untuk Organisasi Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota, masyarakat umum, serta pelajar SMA.
Perajin Beduk. /Antara-Ilustrasi
Perajin Beduk. /Antara-Ilustrasi

Bisnis.com, MANADO—Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo menggelar Festival Beduk dan Takbir 2019. Festival terbuka untuk Organisasi Pemerintah Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota, masyarakat umum, serta pelajar SMA.

Asisten Administrasi Umum Dinas Pariwisata Gorontalo Iswanta mengatakan, pihaknya telah menggelar pertemuan teknis untuk membahas persiapan gelaran tersebut. Rencana pelaksanaan acara tahunan tersebut disambut positif para calon peserta.

Iswanta mengatakan, dalam pertemuan tersebut telah disepakati kriteria penilaian untuk takbir yang meliputi kefasihan, lagu, irama dan suara, dan pengaturan nafas.

Adapun lomba beduk dan perkusi akan dinilai dari harmonisasi alat musik dan teknik permaianan alat. Penampilan peserta juga akan dinilai dari kostum, pembawaan diri, penyajian, dan ekspresi.

Iswanta menjelaskan, lomba akan menghadirkan tiga kategori yang akan diikuti oleh peserta dari  Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) provinsi, kabupaten dan kota, masyarakat umum dan pelajar SMA atau sederajat.

“Perguruan tinggi atau mahasiswa pun perlu diundang yang dimasukkan dalam kategori peserta umum agar nuansa kemeriahan lomba dan festival ini terasa,” kata Iswanta, dikutip dari siaran pers, Sabtu (25/5/2019).

Iswanta  mengharapkan ajang ini dapat menjadi peluang bagi masyarakat, khususnya para pelaku usaha untuk mencari peluang pasar baru. Menurut Iswanta, para pengusaha dapat membuka gerai kuliner ataupun barang dagangan lainnya di sekitar lokasi festival.

“Ini adalah destinasi dan atraksi wisata religi yang pelaksanaannya berdekatan dengan Tumbilotohe,” ujarnya.

Iswanta mengatakan bahwa Festival Beduk dan Takbir ini akan berlangsung selama 3 hari, yakni pada 25 hingga 27 Mei. Kegiatan ini, lanjut Iswanta, akan diselenggarakan di Lapangan Taruna Remaja, Kota Gorontalo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper