Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kwandang Ditetapkan Menjadi Pelabuhan Pangkalan Kapal Ternak

Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo mempersiapkan pemanfaatan Pelabuhan Kwandang di Kabupaten Gorontalo Utara sebagai pelabuhan pangkalan kapal ternak yang melayari beberapa provinsi di Indonesia.
Ilustrasi/ANTARA-Harviyan Perdana Putra
Ilustrasi/ANTARA-Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, MANADO—Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo mempersiapkan pemanfaatan Pelabuhan Kwandang di Kabupaten Gorontalo Utara sebagai pelabuhan pangkalan kapal ternak yang melayari beberapa provinsi di Indonesia.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo menjelaskan, pihaknya telah menggelar rapat koordinasi dengan beberapa dinas dan instansi terkait. Koordinasi tersebut, dilakukan sebagai tindak lanjut dari rapat koordinasi yang sebelumnya dilakukan pada awal bulan lalu.

Dia mengatakan, status Pelabuhan Kwandang ditetapkan berdasarkan surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor  KP.416/OJPL/2019 tentang Perubahan Pertama Atas Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor AL.107 /6/II/DJPL-18 tentang Jaringan Trayek Kapal Khusus Ternak Tahun Anggaran 2019.

“Dari Pelabuhan Kwandang ini kapal khusus ternak akan menempuh rute Tarakan—Balikpapan atau Samarinda ke Palu, lalu Balikpapan atau Samarinda, lalu ke Gorontalo dengan menggunakan kapal Camara Nusantara 5,” jelasnya, dikutip dari siaran pers, Minggu (19/5/2019).

Dia mengatakan, KM Camara Nusantara 5 adalah kapal buatan PT Adiluhung Saranasegara Indonesia yang dikerjakan di Bangkalan, Madura, yang didesain sebagai angkutan ternak sapi. Kapal ini bisa menampung 500 ekor sapi dan 150 ton barang atau kargo.

KM Camara Nusantara 5 merupakan kapal yang memilki konsep animal welfare serta life freedom yang memperhatikan kesejahteraan ternak. Dia mengatakan, bahwa dengan konsep itu, ternak yang diangkut dengan kapal tidak akan kelaparan dan kehausan.

“Ternak yang diangkut dari kapal ini bebas dari rasa lapar dan haus, bebas dari panas dan rasa tidak nyaman, bebas dari luka atau penyakit, bebas mengekspresikan perilaku, bebas dari rasa takut dan stres,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler