Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gorontalo Perkuat Kelembagaan Petani

Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, memperkuat lembaga petani melalui program "Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling Up Innitiative" (READSI).
Ilustrasi petani memanen padi./Bisnis-Rachman
Ilustrasi petani memanen padi./Bisnis-Rachman

Bisnis.com, GORONTALO – Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, memperkuat lembaga petani melalui program "Rural Empowerment and Agricultural Development Scalling Up Innitiative" (READSI), dalam upaya meningkatkan produktivitas tanaman pangan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Rahmat Pomalingo, mengatakan pihaknya terus berkomitmen untuk mewujudkan kapasitas penyuluh dan kelompok tani.

"Program READSI ini adalah bantuan hibah dari Kementrian Pertanian, dan Kabupaten Gorontalo mendapatkan program tersebut," ujarnya pada Rabu (24/4/2019).

Dia menjelaskan Kabupaten Gorontalo telah mendapatkan anggaran hibah dari READSI kurang lebih Rp20 miliar.

"Anggaran Rp20 miliar itu, dilaksanakan selama 5 tahun, dan tahap awal ini kita melakukan penguatan kapasitas penyuluh dan kelompok tani," ungkap Rahmat.

Sementara itu, Kepala Seksi Penyuluhan Dinas Pertanian Mohamad Nasrudin Isa mengatakan pihaknya membantu para petani dalam bentuk pemberdayaan.

"Kami sekarang fokus dalam peningkatan kapasitas dari kelembagaan dan kelompok tani itu sendiri, dan sasaran dari penerima READSI adalah masyarakat petani miskin yang tidak mempunyai lahan atau yang lahannya sempit," ujarnya.

Isa berharap yang mengikuti pelatihan maka mereka akan lebih memahami tufoksinya sebagai penyuluh dan akan lebih memahami tujuan dari pelaksanaan program itu.

"Sehingga kedepan apa yang diharapkan untuk pengentasan kemiskinan dan peningkatan produksi, serta perubahan sikap dan perilaku oleh petani ini bisa terjadi secara signifikan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper