Stok Beras Sulsel Diklaim Aman Hingga 37 Bulan

Perum Bulog Divre Sulselbar mengklaim, ketersediaan pasokan beras untuk wilayah kerjanya masih aman hingga 37 bulan ke depan.
Andini Ristyaningrum | 03 Januari 2019 14:34 WIB
Pekerja membersihkan gudang beras Bulog Divre Sulselbar di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (13/6/2016). - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, MAKASSAR – Perum Bulog Divre Sulselbar mengklaim, ketersediaan pasokan beras untuk wilayah kerjanya masih aman hingga 37 bulan ke depan.

Kepala Bulog Divre Sulselbar Mansyur menyebut ketersediaan pasokan itu bahkan mampu memenuhi 30% kebutuhan beras untuk DKI Jakarta dengan beras jenis premium dan medium.

"Selama 2018, Bulog Divre Sulsel telah menggelontorkan cadangan beras pemerintah (CBP) sebanyak 9,255 ton. Dengan pengadaan beras selama 2018 sebanyak 249.508 ton," papar Mansyur, Kamis (3/1/2019).

Jumlah tersebut lanjut Mansyur, mencapai 62,38% dari target 400.000 ton pengadaan beras Sulselbar selama 2018. Saat ini produksi beras Bulog Divre Sulselbar mencapai 108.330 ton.

Dengan stok yang dinilai melimpah, Bilog Divre Sulselbar juga memasok beras ke 12 provinsi di Indonesia sebesar 160.876 ton. Meski diklaim aman, namun Bulog tetap antisipasi dan pengawasan.

"Untuk tetap menjaga ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga di masyarakat khususnya di pasar, tetap mengadakan kegiatan Ketersediaan Pasokan dan Stabilitas Harga (KPSH)," terang Mansyur.

Dalam pelaksanaannya, Bulog melibatkan berbagai pihak dengan menggunakan jaringan distribusi seperti, Rumah Pangan Kita (RPK), Toko Pangan Kita, Wakita, Mitra Bulog, BUMN Pangan, dan Kanvasing oleh Satgas Bulog di seluruh wilayah kerja Divre Sulsebar.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menyatakan dengan melimpahnya ketersediaan beras, Sulsel siap menjadi tulang punggung kebutuhan pangan dalam hal ini untuk komoditi beras.

"Saya harap kita tidak khawatir akan kekurangan beras. Hari ini kita adalah tulang punggung. Alhamdulillah lahan persawahan kita saat ini juga masih aman dari terjangan banjir," jelas Nurdin.

Ia menjelaskan, dengan peluncuran KSPH Beras Medium yang dilaksanakan serentak oleh Bulog Divisi Regional seluruh Indonesia bisa semakin menjaga ketahanan pangan nasional.

Namun, ia tetap berkomitmen akan memperhatikan ketersediaan pasokan dan stabilitas harga pangan khususnya beras di Sulsel.

Tag : bulog, sulsel
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top