Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Sulsel Edukasi Warga Pulau Kenali Keaslian Uang Rupiah

Ekpedisi Kas Keliling Antar Pulau BI juga menyasar pulau-pulau spermonde di Sulsel.

Bisnis.com, MAKASSAR – Sosialisasi tentang keaslian uang rupiah masih terus dilakukan Bank Indonesia. Terlebih setelah hadirnya uang rupiah baru tahun emisi 2016. Meski sudah memasuki tahun kedua pasca diluncurkan, namun pemahaman masyarakat terhadap uang asli harus terus dilakukan.

Seperti halnya yang dilakukan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sulsel. Melalui program kas keliling, selain melakukan layanan penukaran uang rupiah, kegiatan tersebut juga digelar untuk mengedukasi masyarakat kepulauan tentang uang rupiah.

Setelah berjalan tiga tahun, Ekpedisi Kas Keliling Antar Pulau BI juga menyasar pulau-pulau spermonde di Sulsel. Kali ini sebanyak lima pulau yang menjadi sasaran BI untuk kegiatan itu.

Direktur BI Kantor Perwakilan Sulsel Amanlison Sembiring mengatakan, minimnya akses di kepulauan membuat masyarakat pulau mjnim pengetahuan tentang keuangan. Apalagi hampir tidak fasilitas perbankan di beberapa pulau-pulau kecil di Sulsel.

"Karena itu melalui kas keliling inilah kami memaksimalkan peran BI sebagai bank sentral. Tidak hanya melayani penukaran uang, tetapi juga mengedukasi masyarakat agar bisa mengenal keaslian uang rupiah," terang Amanilison saat mengikuti Ekspedisi Kas Keliling Antar Pulau BI Sulsel di Pulau Podang-podang Lompo, Kamis (29/11/2018).

Adapun lima pulau yang masuk dalam Ekspedisi Kas Keliling BI yaitu Pulau Sarappo Lompo, Podang-podang, Samatellu Lompo, Karanrang, dan Laiyam. Warga pulau terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini, salah satunya di Pulau Sarappo Lompo, Kabupaten Pangkep dan Pulau Podang-podang.

Pulau Podang-podang, sosialisasi dilakukan di aula SDN dan SMPN 7 Satap Liukang Tupabbiring, Kabupaten Pangkep. Sosialisasi tersebut tak hanya diikuti oleh orang tua tetapi juga para siswa di sekolah setempat.

"Ini merupakan yang kedua kalinya digelar selama 2018. Selain sosialisasi terkait pengenalan keaslian uang rupiah, masyarakat juga bisa menukarakan uang lusuhnya dengan uang baru di di loket yang kami sediakan," terang Amalison.

Untuk diketahui di hari pertama BI Sulsel melakukan Ekspedisi Kas Keliling di Pulau Sarappo Lompo pada Rabu (28/11/2018) kemarin. BI Sulsel berhasil mengumpulkan uang lusuh sebanyak Rp40.033.00.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Miftahul Ulum
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper