Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konstruksi Molor, PLTU Anggrek Gorontalo Batal Diresmikan Akhir 2018

Rencana peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara yang sedianya dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Desember mendatang, dinyatakan mundur dari jadwal.
Ilustrasi PLTU/ANTARA-Harviyan Perdana Putra
Ilustrasi PLTU/ANTARA-Harviyan Perdana Putra

Bisnis.com, MANADO– Rencana peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara yang sedianya dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada 20 Desember mendatang, dinyatakan mundur dari jadwal.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menyatakan, pihaknya telah mengunjungi langsung PLTU Anggrek guna memastikan kesiapannya untuk diresmikan. Dari kunjungan tersebut, pihaknya pun memutuskan menunda peresmian akibat proses pembangunan yang belum rampung.

“Kenyataanya setelah melihat langsung, ternyata pembangunannya belum mencapai seratus persen, jadi mungkin ditunda peresmiannya,”ujarnya, seperti dikutip, Senin (26/11).

Dia menjelaskan, walaupun belum bisa diresmikan tahun ini oleh Presiden, namun PLTU anggrek tetap akan dilaporkan kesiapannya.

Karena, menurutnya, mundurnya pembangunan PLTU anggrek ini juga tergantung dari peralatan dan paling penting membutuhkan penambahan tenaga kerja ahli baik dalam dan luar negeri.

“Sebenarnya  dilaporkan oleh pihak PLTU, [pembangunan] sudah capai 94%  pekerjaannya khususnya untuk unit dua. Namun kan insyaallah pak Jokowi dipastikan datang desember nanti, kita tak mau mengada ngada yang belum pasti. Kesiapan yang matang yang menjadi prioritas, jadinya kita tunda dulu peresmiannya,” jelasnya

Untuk menggantikan PLTU Anggrek yang belum siap diresmikan, Pemprov pun masih memiliki harapan kepada Presiden Jokowi untuk dapat meresmikan kampus baru UNG dan juga peresmian Bendungan Randangan yang termasuk proyek strategis nasional.

“Sebenarnya ada juga GORR [Gorontalo Outer Ring Road]. Namun setelah kita cek tadi, balai jalan melaporkan masih ada sekitar tiga kilometer yang belum selesai jadinya kita tunda juga penresmiannya . Kalau UNG tadi sudah dilaporkan oleh pihak terkait, sudah ada 13 gedung yang sudah selesai insyaallah. Kalau sudah siap berarti kampus UNG yang baru dan juga bendungan Randangan dipastikan diresmikan oleh pak Jokowi, ” tandasnya

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo direncanakan datang  ke Provinsi Gorontalo pada tanggal 20 desember mendatang, untuk menghadiri rangkaian pelaksanaan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2018 yang akan berlangsung di Provinsi Gorontalo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper