Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

300 UKM Makassar Jadi Sasaran Kampanye Produktif Facebook Indonesia

Facebook Indonesia memberikan pelatihan bagi sekitar 300 pelaku usaha kecil menengah di Makassar agar lebih maksimal memanfaatkan fasilitas digital dalam rangka meningkatkan kapasitas usaha.
Perajin gitar/ANTARA-Prasetia Fauzani
Perajin gitar/ANTARA-Prasetia Fauzani

Bisnis.com, MAKASSAR - Facebook Indonesia memberikan pelatihan bagi sekitar 300 pelaku usaha kecil menengah di Makassar agar lebih maksimal memanfaatkan fasilitas digital dalam rangka meningkatkan kapasitas usaha.

Kegiatan yang menjadi bagian dari kampanye Lagu Digital itu diharapkan bisa meningkatkan kuantitas pelaku UKM yang memperluas jangkauan pemasaran melalui saranan media sosial berplatform digital.

Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia Rubben Hattari mengatakan kegiatan yang berbalut lokakarya itu menjadi wadah bagi perusahaan untuk lebih memasifkan edukasi digital terutama yang pengguna platfotm berorientasi produktif, yakni UKM.

"Sebenarnya tidak hanya UKM, tetapi juga diperuntukkan bagi mereka yang membutuhkan pekerjaan melalui pemanfaatan keterampilan digital. Termasuk pula komunitas-komunitas agar lebih efektif mencapai tujuannya melalui pemanfaatan internet," ujarnya di Makassar, Kamis (18/10/2018).

Pada titik tersebut, Ruben berharap agar keberadaan Facebook tidak hanya sekadar platform penghubung pengguna dengan kerabat dan keluarga, tetapi juga dipergunakan lebih dalam untuk meningkatkan daya saing UKM, kapasitas individu maupun efektivitas komunitas digital di Makassar.

Untuk skala lebih luas terutama dalam cakupan wilayah timur, implementasi dari kampanye Laju Digital di Makassar itu bisa memberikan efek berantai terhadap  literasi digital di timur Indonesia yang relatif masih rendah jika dibandingkan dengan wilayah barat.

Secara nasional, papar Rubben, kampanye tersebut menyasar 3.000 unit usaha yang tersebar di 15 kota Indonesia, termasuk beberapa kota di belahan timur yaitu Gorontalo, Kupang, Manokwari, dan Mataram. 

"Makassar sendiri menjadi kota ketiga penyelenggaraan kampanye Laju Digital sejauh ini. Kami berkomitmen membantu UKM dan komunitas hingga pelosok," ujarnya.

Khusus di Makassar sendiri, pelaku UKM yang telah memanfaatkan Facebook sebagai paltform digital guna meningkatkan kapasitas serta memperluas jangkauan pasar, terus mengalami pertumbuhan cukup tinggi dalam beberapa waktu terakhir.

Kendati demikian, urai Rubben, porsinya masih sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah pelaku UKM sehingga Facebook Indonesia kemudian berinisitaif menjadikan Makassar sebagai lokasi kampanye Laju Digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper