Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Sulsel Bakal Perbesar Modal di Bank Sulselbar

Pemprov Sulawesi Selatan menyiapkan opsi injeksi terhadap Bank Sulselbar melalui skema pengembalian penuh dividen untuk kemudian memperkuat struktur permodalan BPD milik pemprov tersebut.
Kantor Bank Sulselbar di Makassar, Sulawesi Selatan./Ilustrasi
Kantor Bank Sulselbar di Makassar, Sulawesi Selatan./Ilustrasi

Bisnis.com, MAKASSAR - Pemprov Sulawesi Selatan menyiapkan opsi injeksi terhadap Bank Sulselbar melalui skema pengembalian penuh dividen untuk kemudian memperkuat struktur permodalan BPD milik pemprov tersebut.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah mengatakan langkah tersebut diharapkan bisa lebih mendorong daya tumbuh Bank Sulselbar dan memberikan manfaat luas bagi perekonomian di Sulsel.

"Dividen untuk tahun ini [tahun buku 2018], sepenuhnya akan dikembalian penuh untuk modal. Ini bukan sekadar kewajiban, tetapi kewajiban pemprov agar Bank Sulselbar lebih kuat," ujarnya usai kunjungan di Bank Sulselbar, Kamis (11/10/2018).

Menurut dia, langkah tersebut tersebut dilandasi oleh kinerja Bank Sulselbar yang mencatatkan mampun tren pertumbuhan dalam beberapa tahun terakhir, yang mana membutuhkan dukungan lebih aktif dari pemegang saham melalui injeksi untuk penguatan struktur permodalan.

Pada sisi lain, injeksi modal melalui skema pengembalian penuh dividen menjadi pula salah satu upaya Pemprov Sulsel untuk memperbesar porsi kepemilikan saham di Bank Sulselbar yang ditargetkan mampu mencapai 51%.

"Apalagi Bank Sulselbar ini sangat sehat sebenarnya, kinerja bagus, NPL sangat terjaga begitu pula dengan beberapa indikator bisnis lainnya. Sehingga saya berharap sama kami bisa menjadi 51%, karena Bank Sulselbar ini juga menjadi komponen terhadap strutkur PAD murni Sulsel," tutur Nurdin.

Menurutnya, porsi kepemilikan saham 51% diharapkan bisa terwujud tahun depan dengan catatan keuangan Sulsel tidak lagi mengalami defisit sehingga pemprov memiliki ruang lebar untuk melakukan injeksi modal ke Bank Sulselbar.

Selain itu, Nurdin juga mendorong Bank Sulselbar bisa beroperasi sebagai bank devisa sehingga bisa menyerap dan mengelola dana investasi asing yang hendak ditanamkan di Sulawesi Selatan. 

"Kedepannya, Sulsel akan menjadi sasaran investasi yang sangat besar. Sayang sekali jika Bank Sulselbar sebagai BPD tidak bisa menyerap dana dana investasi asing itu. Dana investasi itu dalam bentuk uang asing, sehingga tentunya yang memungkinkan memafaatkan itu harus bank devisa," ujar Nurdin.

Kemudian, gubernur juga berkomitmen untuk mendorong pemda se-Sulsel yang masih menempatkan dana pada bank umum agar dilimpahkan pula ke Bank Sulsel untuk pengelolaannya, sekaligus sebagai bentuk partisipasi mendorong penguatan struktur pendanaan Bank Sulselbar.

Dalam kesempatan sama, Direktur Utama Bank Sulselbar Andi Muhammad Rahmat mengemukakan tahapan menjadi bank devisa telah dipersiapkan dan memasuki tahapan proses eksekusi pada tahun depan.

"Akan kami masukkan dalam RBB tahun depan, mulai kita proses tahun depan karena ini butuh koordinasi dengan regulator juga. Jika memungkinkan terealisais tahun depan kita sudah bank devisa, lebih bagus lagi," ujar dia.

Dengan demikian, dia berharap agar Pemprov Sulsel juga aktif melakukan pendampingan dan merealisasikan dukungan agar Bank Sulselbar bisa menjaga tingkat kesehatan bank sebagai persyaratan utama menjadi bank devisa.

Di sisi lain, Rahmat juga mengemukakan jika Gubernur Nurdin Abdullah menyatakan bakal mendorong pemda se-Sulsel untuk melimpahkan pengelolaan dana kepada Bank Sulselbar sebagai bentuk optimalisasi peran BPD.

"Gubernur juga ingin agar dana daerah yang di luar agar bisa masuk ke Bank Sulselbar. Kami juga berharap agar gubernur bisa memfasilitasi agar dana-dana dari BPJS, kesehatan maupun ketenegakerjaan, lalu dana haji dan lainnya yang terhimpun di Sulsel sebaiknya ditempatkan di bank-bank daerah, termasuk Bank Sulselbar," ujar Rahmat.

Dia menjelaskan, jika hal tersebut terwujud maka bisa menjadi solusi menekan angka LDR perbankan di Sulsel yang saat ini mencapai 160%, di samping memberikan manfaat yang signifkan bagi perekonomian daerah, termasuk memberikan ruang bagi masyarakat Sulsel mendapatkan pinjamand dengan rate kompetitif. 

Kemudian untuk perihak struktur permodalan, papar Rahmat, perseroan masih mebutuhkan injeksi modal dari pemilik saham termasuk Pemprov Sulsel yang saat ini masih tercatat sebagai pemilik saham mayoritas.

Sebagai informasi, Pemprov Sulsel sejauh ini memiliki saham Bank Sulselbar pada angka 34% sedangkan sisanya terbagi pada seluruh pemda se-Sulsel dan Sulbar.

Adapun posisi modal disetor Bank Sulselbar per Juni 2018 menyentuh angka Rp932,66 miliar sedangkan modal inti perseroan pada periode yang sama sebesar Rp2,54 triliun.

Sementara itu, Bank Sulselbar per hingga kuartal kedua tahun ini telah mengantongi laba Rp278,06 miliar atau 118,84% dari target yang tertuang dalam RBB perseroan.

Kinerja realisasi kredit juga bergerak atraktif 14,38% secara tahunan di kuartal II/2018 menjadi Rp14,87 triliun, lalu penghimpunan DPK Rp15,86 triliun dengan posisi aset mencapai Rp22,51 triliun yang bertumbuh 6,52% secara tahunan.

"Kami berharap agar ABPD Sulsel tidak defisit lagi untuk tahun selanjutnya, sehingga Pemprov Sulsel bisa merealisasikan penambahan modalnya, termasuk pengembalian penuh dividen nantinya.".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler