Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Serapan Anggaran 5 Dinas di Gorontalo Masih Rendah

Sebanyak Lima OPD (Organisasi Perangkat Daerah) belum capai target penyerapan anggaran selang Bulan Agustus 2018.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, MANADO – Sebanyak Lima OPD (Organisasi Perangkat Daerah) belum capai target penyerapan anggaran selang Bulan Agustus 2018.

Kelima OPD tersebut ialah Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Kelautan, Dinas Penanaman Modal, ESDM, dan Transmigrasi, serta Dinas Perumahan.

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Anis Naki menyebut khusus Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo belum mencapai target keuangan sementara Dinas Kelautan, Dinas PM, ESDM, dan Transmigrasi, serta Dinas Perumahan belum mencapai baik target baik fisik maupun keuangan.

Dia pun mengingatkan agar OPD terkait segera menyelesaikan kendala yang menyebabkan target tidak tercapai.

“ Diharapkan kepada OPD yang masih di bawah target dan kegiatan kegiatan yang masih di bawah 50 (persen) harus segera berkoordinasi, mulai dari tingkat asisten hingga penanggung jawab sehingga permasalahan dapat segera didapatkan solusi antara OPD yang bersangkutan,” ujarnya, seperti dikutip, Selasa (18/9)

Dia memerinci, deviasi terbesar untuk target keuangan ada pada Dinas Kelautan yaitu realisasinya hanya mencapai 24,41% dari target 57,47%. Sementara deviasi terbesar untuk target fisik ada pada Dinas Perumahan di mana realisasinya hanya mencapai 46,02% dari target 59,81%.

Secara keseluruhan, ada 29 OPD yang melampaui/mencapai target fisik dan terdapat  27 OPD yang melampaui/mencapai target keuangan.

Meski diakui oleh sekda jika secara total penyerapan anggaran bulan Agustus melampaui target, namun tetap mengingatkan kepada OPD yang tidak mencapai target agar segera menyelesaikan kendala yang ada.

Dalam kesempatan tersebut juga Anis Naki menyebutkan beberapa proyek yang akan diresmikan oleh Presiden Jokowi dalam kunjungannya ke Gorontalo Desember nanti.

Beberapa proyek tersebut di antaranya peresmian kampus baru UNG, GORR (Gorontalo Outer Ring Road), PLTU Anggrek, Bendungan Randangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper