Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pacu Tabungan Haji dan Umrah, BMI Sulampua Rangkul Institusi Pendidikan

Bank Muamalat menggencarkan skema kerja sama dengan institusi pendidikan di Sulampua. Hal itu dilakukan guna mendorong inklusi keuangan syariah pada sisi pemanfaatan produk tabungan haji dan umrah yang disediakan perseroan.
Bank Muamalat/Istimewa
Bank Muamalat/Istimewa

Bisnis.com, MAKASSAR - Bank Muamalat menggencarkan skema kerja sama dengan institusi pendidikan di Sulampua. Hal itu dilakukan guna mendorong inklusi keuangan syariah pada sisi pemanfaatan produk tabungan haji dan umrah yang disediakan perseroan.

Region Head BMI Regional Sulampua, Ahmad S. Ilham mengatakan langkah tersebut juga dimaksudkan untuk lebih mengoptimalkan keberadaan perseroan dalam memberikan manfaat bagi khalayak terkhusus pada sisi fasilitasi ibadah haji maupun umrah.

Sejauh ini, lanjut dia, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan sejumlah institusi pendidikan swasta yang memiliki basis Islam eperti Kalla Group, Muhammadiyah, Hidyatullah, serta Wahdah Islamiyah di Sulawesi, Maluku, dan Papua (Sulampua).

Kolaborasi dengan institusi pendidikan diharapkan bisa membangun ekosistem yang memiliki perencanaan sejak dini dalam hal ibadah haji dan umrah dengan pemanfaatan produk tabungan berbasis syariah.

Pacu Tabungan Haji dan Umrah, BMI Sulampua Rangkul Institusi Pendidikan

Region Head BMI Regional Sulampua Ahmad S. Ilham/Bisnis-Amri Nur Rahmat

"Kami sangat fokus ke sekolah [institusi pendidikan], namun juga simultan kerja sama dengan instansi lainnya berbagai bidang. Saat ini, kami melakukan kerja sama dengan ratusan institusi pendidikan di Sulampua," ujarnya kepada Bisnis, Jumat (31/8/2018).

Ilham menjelaskan, serangkaian langkah tersebut menjadi keberlanjutan dari program berhaji sejak dini Muamalat yang dicanangkan bersama dengan BPKH beberapa waktu lalu.

Khusus di Regional Sulawesi Maluku dan Papua, program tersebut diluncurkan semester pertama 2018 lalu dengan pelibatan Sekolah Islam Athirah, salah satu institusi pendidikan yang berada dalam naungan Kalla Group.

Dari sisi bisnis, produk tabungan haji dan umrah  diproyeksikan mampu menjadi penopang utama penghimpunan DPK perseroan di Sulampua seiring potensi pasar yang sangat besar.

Dia mencontohkan, daftar tunggu haji di Sulsel bahkan sudah mencapai 30 tahun sehingga perencanaan melalui tabungan sejak dini menjadi alternatif paling memungkinkan merealisasikan ibadah tersebut.

"Tidak hanya Sulsel, seluruh daerah di region kami itu memiliki pula potensi yang sangat besar, animo masyarakat sangat tinggi untuk berhaji. Dari sisi DPK tentu saja juga sangat besar," papar Ilham.

Adapun besaran setoran awal untuk pembukaan rekening tabungan haji dan umrah dari Muamalat itu hanya Rp100.000, kemudian jika nasabah ingin mendapatkan kuota maka dipersyaratkan menyetor dana sebesar Rp25 juta.

Sedangkan untuk umrah, setoran awal sebesar Rp100.000, untuk mendapatkan jatah kursi pemberangkatan bakal disesuaikan dengan tarif yang dipersyaratkan perusahaan travel haji dan umrah dengan mengacu pada ketetapan regulator.

Selain itu, nasabah pemilik kartu debit Bank Muamalat bisa memanfaatkannya untuk bertransaksi saat menunaikan ibadah di Tanah Suci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper