Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TIFF Dorong Ekspor Florikultura Sulawesi Utara

Kementerian Pertanian meyakini penyelenggaraan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018 dapat menjadi sarana untuk menggenjot ekspor florikultura nasional.
Bisnis.com, TOMOHON-- Kementerian Pertanian meyakini penyelenggaraan Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2018 dapat menjadi sarana untuk menggenjot ekspor florikultura nasional.
 
Direktur Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian Sarwo Edhy menjelaskan, Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Hortikultura tengah fokus untuk meningkatkan produksi dan ekspor florikultura ke berbagai negara. 
 
"Kami tingkatkan komoditas ekspor tanaman hias yang memiliki nilai ekonomi tinggi dan prospektif ke depan. Ini [florikultura] memiliki daya saing tinggi dan sangat  menjanjikan di pasar Internasional," ujarnya di sela-sela kunjungannya ke TIFF 2018, Rabu (8/8/2018)
 
Dia menyatakan, Indonesia yang merupakan negara tropis memiliki iklim cocok untuk budidaya tanaman hias, yang saat ini sudah dikembangkan di pelosok Indonesia.
 Berdasarkan catatan Kementan saat ini terdapat 173 jenis tanaman hias dengan ribuan jenis varietasnya di Tanah Air. 
 
"Untuk bunga krisan saja ada 130  varietas, dengan produksi 550 juta potong per tahun.  Harga cukup bagus Rp 5.000 per potong, omset sekitar Rp  2,75 triliun, belum termasuk jenis tanaman hias lainnya," ujarnya.
 
Menurutnya, berbagai tanaman hias diproduksi dan dipasarkan di Tomohon dan daerah lain, serta sebagian diekspor ke berbagai negara. Hal ini  terbukti meningkatkan devisa negara sekaligus mendulang dollar.
 
Adapun TIFF 2018 ini turut dimeriahkan oleh kehadiran sejumlah negara ,di antaranya: Malaysia, Vietnam, Korea Utara, India, Rusia, Amerika, Perancis, Belanda, Fhilipina, Hongkong, Thailand, New Zealand, India,Polandia, Jepang, Australia, Tiongkok, Singapura, Sekretariat Nasional ASEAN, dan  C.A.F.E ( Council of Asian Flower Exibition).
 
 
 
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper