Penetrasi 4G Indosat di Timur Dilakukan Bertahap

Oleh: Amri Nur Rahmat 05 November 2018 | 19:06 WIB
Penetrasi 4G Indosat di Timur Dilakukan Bertahap
Ilustrasi/kampusit

Bisnis.com, MAKASSAR - Penguatan daya cakup jaringan telekomunikasi seluler teknologi 4G yang dilakukan Indosat Ooredo di wilayah timur hingga akhir 2018 masih terkonsentrasi pada area existing.

CEO Indosat Ooredo Chris Kantor menjelaskan langkah tersebut selanjutnya disebut sebagai ekspansi 4G overlay yang dimaksudkan agar kapasitas jaringan seluler generasi keempat yang disediakan perusahaan bisa optimal menunjang aktivitas digital dan komunikasi pelanggan.

Khusus di wilayah timur sendiri yang meliputi Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua (Kalisumapa), Indosat juga telah membangun infrastruktur 4G pada 1.500 titik yang mana sebagian besar melaui skema overlay.

"Jadi seluruh BTS yang masih 2G dan 3G akan diganti, sehingga seluruh area sudah ter-cover layanan 4G. Secara umum, kami ada tahapan mulai dari penguata, perluasan hingga menutup titik-titik blankspot dengan teknolgi 4G," ujarnya di Makassar, Senin (5/11/2018).

Dia melanjutkan, pada kuartal pertama 2018 setelah langkah 4G overlay sudah dituntaskan maka dilanjutkan dengan ekspnasi perluasan jaringan 4G pada area-area wilayah Kalisumapa yang belum tersentuh layanan seluler Indosat Ooredo.

Sesuai dengan perencanaan, sebanyak 1.100 titik pembangunan BTS berteknologi 4G bakal direalisasikan perusahaan mulai kuartal I/2019 dengan mengacu pada potensi pasar maupun perkembangan ekosistem digital pada area sasaran. 

Menurut Chris Kanter, wilayah timur menjadi perhatian perusahaan sejalan dengan komitmen pemerintah pusat mendorong ekonomi digital secara massif termasukdi wilayah timuryang memiliki sederet potensi yang menunggu pemantik signfikan.

Secara umum, langkah tersebut menjadi bagi dari strategis jangka menengah perusahaan dengan dukungan capex sebesar Rp30 triliun untuk memperkuat hingga perluasan daya jangkau layanan pada seluruh wilayah Tanah Air.

"Dan memang dari total investasi kami yang disiapkan Rp30 triliun untuk dua tahun ke depan, mayoritas itu untuk pengembangan jaringan khususnya di luar Jawa, termasuk fokus di wilayah timur ini," tutur Chris.

Kemudian dari sisi penetrasi pelanggan, Indosat juga bakal lebih memperkuat segmen bisnis yakni korporasi yang berbasis di wilayah timur agar memanfaatkan layanan digital yang disediakan perusahaan guna lebih memacu kinerja melalui optimasi digital.

Head of Region Kalisumapa Indosat Ooredo Prio Sasongko mengemukakan langkah penguatan jaringan melalui 4G overlay yang tengah dijakankan perusahaan dinilai telah memberikan efek positif dari sisi penambahan maupun kepuasan pelanggan.

"Area-area yang telah kita overlay dengan 4G itu menunjukkan pertumbuhan sangat baik, dan setelah itu di awal tahun depan ekspansi perluasan segera kami realisasikan. Kemudian kami juga sudah memetakan area yang memang belum tersentuh jaringan, dan akan dijadikan sebagai sasaran langkah new coverage kami," tutur dia.

Priyo menjelaskan, serangkaian hal tersebut diyakini mampu membuat Indosat menjadi pilihan masyarakat di wilayah timur pada aspek pemanfaatan layanan seluler dalam kerangka aktivits digital.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya