Harga Bawang Merah di Kendari Stabil

Oleh: Newswire 31 Oktober 2018 | 21:50 WIB
Harga Bawang Merah di Kendari Stabil
Ilustrasi: Petani menyiram tanaman bawang merah./Antara-Oky Lukmansyah

Bisnis.com, KENDARI – Harga bawang merah di pasar Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, masih stabil menyusul stok yang ada di pasaran masih tersedia.

Pantauan di Kendari pada Rabu (31/10/2018) menunjukkan harga bawang yang didatangkan dari beberapa kabupaten di luar Sultra seperti Kabupaten Enrekang (Sulawesi Selatan) dan Bima (Nusa Tenggara Barat) masih mencukupi sehingga harga masih tergolong stabil.

Salah seorang pedagang bawang di Pasar Baruga Kendari, Supardi, menyebutkan harga bawang saat ini bervariasi antara Rp28.000 - Rp29.000 per kilogram dan bawang putih seharga Rp29.200 hingga Rp30.000 per kilogram.

Dia mengatakan harga bawang merah saat ini cukup tersedia di beberapa pasar induk dan pasar tradisional di Kota Kendari.

Dinas Perindag Sultra juga mencatat ketersediaan salah satu bumbu dapur utama itu cukup banyak di tingkat pedagang sehingga tidak ada kekhwatiran konsumen akan terjadi kelangkaan.

Dia mengatakan selain bawang yang menjadi komoditas yang banyak dicari kaum ibu, juga cabai merah keriting dan cabai merah besar stoknya cukup, namun harganya juga alami fluktuasi sesuai dengan kondisi dan kualitas bawang.

Untuk cabai keriting mencapai Rp32.000 per kg atau alami kenaikan dengan sebelumnya Rp30.000 per kg dan cabai merah besar Rp29.500 per kg dan cabe rawit Rp50.000 per kg.

“Selama sepekan terakhir ini, memang ada kecenderungan akan naiknya harga cabai dari berbagai jenis. Hal ini diduga karena kemarau yang biasanya mempengaruhi pascapanen yang relatif menurun," kata Supardi.

Sumber : Antara

Editor: M. Syahran W. Lubis

Berita Terkini Lainnya