Sulut Gulirkan Gerakan Perubahan Toilet, Begini Pertimbangannya

Oleh: Newswire 24 Oktober 2018 | 10:46 WIB

Bisnis.com, MANADO – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggalakkan aksi nyata revolusi toilet pada pelaksanaan Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental yang akan dihelat di Manado, 26-28 Oktober 2018 di Kota Manado.

"Gerakan Indonesia Bersih dengan Aksi Nyata Revolusi Toilet menjadi salah satu agenda penting dalam PKN-Revolusi Mental," kata Wakil Gubernur Steven Kandouw di Manado, Rabu (24/10/2018).

Revolusi Toilet ini, kata Wagub, akan diwujudkan dalam penilaian fasilitas kebersihan jamban yang mulai dilaksanakan pada Jumat (26/10). Penilaian ini akan menjangkau sekolah, kampus, instansi pemerintah, restoran, lokasi pariwisata di Sulut.

"Aksi nyata revolusi toilet merupakan gerakan untuk mendorong pemerintah dan masyarakat menjaga kebersihan toilet," ujarnya.

Aksi nyata revolusi toilet di organisasi perangkat daerah provinsi serta kabupaten dan kota akan dikoordinasi oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut, sementara tim penilai dari BKD, Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Sulut, Dinas Lingkungan Hidup Daerah Sulut.

Sedangkan di kabupaten dan kota oleh BKD, Dinas Kelautan dan Perikanan, serta Dinas Lingkungan Hidup kabupaten dan kota.

Selanjutnya, lokasi SMA/SMK Provinsi Sulut serta SD dan SMP kabupaten dan kota akan dikoordinasi Dinas Pendidikan Daerah Sulut.

Tim penilai tingkat provinsi yaitu Dinas Pendidikan Daerah Sulut dan Badan Kepegawaian Daerah Sulut, sementara kabupaten dan kota yaitu Dinas Pendidikan dan Badan Kepegawaian.

Lokasi restoran dan rumah makan akan dikoordinasi oleh Dinas Pariwisata Daerah Sulut dengan tim penilai Dinas Pariwisata Daerah Sulut serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut.

Sementara di kabupaten dan kota akan dinilai oleh Dinas Pariwisata dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini akan memunculkan kesadaran bagaimana menjaga toilet tetap bersih dan sehat," katanya.

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya