Pemkot Gorontalo Berencana Revitalisasi Sungai

Oleh: Ema Sukarelawanto 18 Oktober 2018 | 18:25 WIB
Pemkot Gorontalo Berencana Revitalisasi Sungai
Plt. Kadis PUPR Kota Denpasar I Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta (kanan) bersama Wali Kota Gorontalo Marten Taha (ketiga kanan) meninjau Mal Pelayanan Publik Sewaka Dharma, Kamis (18/10/2018/Istimewa

Bisnis.com, DENPASAR—Pemkot Gorontalo berencana melakukan revitalisasi sungai dan memanfaatkannya sebagai tempat rekreasi publik.

Wali Kota Gorontalo Marten Taha mengatakan hal tersebut di sela-sela kunjungan studi banding ke Kota Denpasar, Kamis (18/10/2018). Selain belajar pengelolaan sungai, Marten dan rombongan juga melihat dari dekat aktivitas mal pelayanan publik.

Pemkot Denpasar, kata Marten, telah berhasil menggulirkan sejumlah inovasi di antaranya merevitalisasi bantaran sungai menjadi tempat wisata.

“Sebagai sesama daerah perkotaan tentu ada kemiripan, dari Kota Denpasar kami ingin melihat sekaligus mempelajari tata cara pengembangan infrastruktur perkotaan,” katanya.

Menurut Marten revitalisasi sungai melalui penataan sempadan yang dimanfaatkan sebagai objek wisata baru perkotaan menjadi fokus perhatian rombongan dari Pulau Sulawesi itu.

Kata dia Kota Gorontalo yang baru berdiri 2001 lalu masih memerlukan pengembangan infrastruktur untuk mendukung kemajuan kota. Ia juga menyebut demografi yang dimiliki kotanya saat ini menyerupai Kota Denpasar.

Keberhasilan penataan sungai di Denpasar sangat efektif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pola sungai bersih.

Sungai bukan lagi menjadi lokasi pembuangan sampah dan limbah, melainkan tempat yang harus bersama-sama kita jaga dan dapat memiliki nilai tambah secara berkelanjutan. 

“Kami akan menerapkan penataan sungai di Gorontalo agar dapat mengubah pandangan masyarakat bahwa sungai bukan lagi tempat pembuangan limbah, tetapi harus dijaga sebagai sektor penting peradaban,” ujar Marten.

Marten juga mengapresiasi Mal Pelayanan Publik Sewaka Dharma Kota Denpasar yang memberikan kemudahan dalam segala urusan perizinan dan administrasi kependudukan kepada warga.

“Pelayanan publik menjadi salah satu referensi baru bagi kami untuk bisa diterapkan di Gorontalo guna memaksimalkan pelayanan bagi masyarakat, temasuk layanan Pro Denpasar Plus yang merupakan pengaduan dan pelayanan secara online sebagai inovasi kota di era digital,” ujarnya.

Plt. Kepala Dinas PUPR Kota Denpasar I Nyoman Ngurah Jimmy Sidarta mengatakan dalam kepemiminan Wali Kota Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra fokus membangun infrastruktur untuk memberikan pelayanan prima dan meningkatkan kebahagian menuju kesejahteraan rakyat.

Kini Denpasar memiliki sejumlah infrastruktur yang telah ditata seperti Taman Kota, Youth Park, Extream Park, Taman Lalu Lintas, Taman Kumbasari Tukad Badung, Tukad Loloan Mertasari, Tukad Bindu, dan Tukad Tag-tag.

 “Pengembangan infrastruktur dan penataan sungai akan terus dikembangkan sehingga dapat menjadi objek wisata baru perkotaan,” katanya.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya