Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awal Oktober, Kunjungan Wisman ke Sulut Tembus 100 Ribu

Awal Oktober ini kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Utara tembus 100.000 orang. Jumlah itu  mencapai 83,3% dari target kunjungan wisman 2018 sebesar 120.000 orang.
Taman Laut Bunaken, Manado/Jibiphoto
Taman Laut Bunaken, Manado/Jibiphoto

Bisnis.com, Manado – Awal Oktober ini kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulawesi Utara tembus 100.000 orang. Jumlah itu  mencapai 83,3% dari target kunjungan wisman 2018 sebesar 120.000 orang.

Senin (1/10/2018), kedatangan Silk Air di Bandara Sam Ratulangi Manado pukul 13.00 WITA menggenapkan jumlah wisman ke Sulawesi Utara menjadi 100.000 orang.  Sejak 1994, Silk Air konsisten mengantarkan wisman dari Singapura.

Sedangkan geliat wisman dari China dimulai pada 2016 melalui penerbangan charter.

Hingga saat ini maskapai Lion Air rutin mengantarkan wisman dari China melalui 6 rute, yakni:

  • Changsha
  • Shanghai
  • Shenzhen
  • Guangzhou
  • Tianjin
  • Zhengzhou

Selain Lion Air, maskapai Citilink dan Sriwijaya Air sempat turut meramaikan penerbangan charter dari Cina.

General Manager Bandara Sam Ratulangi Manado Minggus E.T Gandeguai menjelasksan, pihaknya bersama Pemerintah Sulawesi Utara, serta instansi terkait seperti Imigrasi, Bea Cukai, dan Karantina turut menyambut kedatangan wisman tersebut.

Minggus menambahkan bahwa penyambutan penumpang ke 100.000 ini merupakan bentuk rasa syukur atas antusiasme para wisman datang ke Sulawesi Utara.

Minggus berharap hal ini dapat menjadi motivasi tersendiri bagi Angkasa Pura Airports dan Pemerintah setempat untuk terus melakukan improvement. Dengan begitu bisa diberikan pelayanan terbaik bagi para wisman, sehingga mereka mendapat pengalaman yang menyenangkan selama berada di Sulut. Akhirnya, semakin banyak wisman yang tertarik untuk datang.

"Wisatawan mancanegara yang masuk Sulut melalui Bandara Sam Ratulangi saat ini masih didominasi oleh China. Selain China dan Singapura, wisatawan dari benua Eropa dan Amerika mulai menunjukkan ketertarikan, seperti wisatawan dari Jerman, Italia, Perancis, Switzerland, dan Amerika yang rata-rata naik lebih dari 15%," ujarnya, dikutip Selasa (2/10/2018).

Memasuki kuartal IV, kenaikan jumlah wisman yang masuk melalui Bandara Sam Ratulangi Manado mencapai 74% atau sejumlah 88.312. Itu terjadi pada periode Januari hingga Agustus 2018.

Wisatawan mancanegara ke Sulawesi Utara sejauh ini masih didominasi wisman dari China. Jumlah mereka naik mencapai 90% atau sebanyak 76.724 pada periode Januari-Agustus 2018 jika dibandingkan periode yang sama tahun 2017. Selanjutnya, wisman dari Singapura naik 10% atau sebanyak 1.580 serta wisman dari Jerman sebanyak 1.392 atau naik 34%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper

Terpopuler