Pemprov Sulsel Kirim Bantuan ke Donggala

Oleh: Andini Ristyaningrum 29 September 2018 | 18:52 WIB
Pemprov Sulsel Kirim Bantuan ke Donggala
Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (kiri) bersama Wakil Gubernur Sudirman Sulaiman melakukan salam komando usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (5/9/2018)./ANTARA-Puspa Perwitasari

Bisnis.com, MAKASSAR - Pascagempa yang terjadi di Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Pemprov Sulsel juga turut menyalurkan bantuan kepada para korban.

Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah telah menginstruksikan instansi terkait untuk segera membantu para korban di Donggala dan Palu, Sulteng.

"Sebelumnya kami sampaikan duka yang mendalam untuk masyarakat Donggala, Palu dan daerah terdampak gempa dan tsunami," ungkap Nurdin, Sabtu (29/9/2018).

Pihaknya sudah memberangkatkan dua mobil dapur umum, dua unit rescue, anggota tagana 30 orang, yang terdiri dari dapur umum dan psisikososial, termasuk bantuan berupa barang kebutuhan seperti selimut, terpal dan matras.

Nurdin menerangkan Pemprov Sulsel juga melakukan kerja sama dengan pihak kampus untuk menggerakkan mahasiswa berangkat ke Kota Palu dan sekitarnya. Para mahasiswa akan menjadi relawan untuk membawa alat-alat yang diperlukan. 

"Selain mahasiswa dan bantuan dari Pemprov Sulsel, sudah ada juga bantuan dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara  (TNI TNI) yang berangkat menggunakan helikopter," katanya.

Diketahui, rangkaian gempa yang mengguncang Sulteng dan sekitarnya sejak pukul 14.00 WIB Jumat (28/9/2018). Gempa dengan getaran dengan magnitudo 6, yang terkencang sejauh ini adalah gempa dengan magnitudo 7,4. SR.

Berdasarkan data terakhir Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per Sabtu (29/9/2018) tercatat 384 orang meninggal dunia akibat gempa dan tsunami yang terjadi di Sulteng.

Sementara 29 orang dinyatakan hilang di Kelurahan Pantoloan Induk, Kota Palu, dan 540 orang mengalami luka berat.

 

Editor: Nancy Junita

Berita Terkini Lainnya