Hotel Tersertifikasi Halal di Makassar Bakal Bertambah

Oleh: Amri Nur Rahmat 24 September 2018 | 08:23 WIB
Hotel Tersertifikasi Halal di Makassar Bakal Bertambah
Masjid Terapung Amirul Mukminin, Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (17/6/2015)./Antara-Sahrul Manda Tikupadang

Bisnis.com, MAKASSAR -- Deretan hotel di Makassar, Sulawesi Selatan yang mengantongi sertifikasi halal terkhusus pada aspek kitchen atau dapur bakal bertambah signfikan.
 
Hal tersebut sejalan dengan finalisasi tahapan proses sertifikasi dapur halal atau halal kitchen terhadap empat hotel kelolaan Phinisi Hospitality, jaringan hotel lokal yang berbasis di Makassar.
 
"Hotel di bawah Phinisi Hospitality, mudah-mudahan sertifikasi halal kitchen-nya sudah kelar pertengahan bulan depan, tengah berproses saat ini," ujar CEO Phinisi Hospitality Anggiat Sinaga, Minggu (23/9/2018).
 
Dia menguraikan implementasi dari konsep dapur halal juga dimaksudkan agar hotel kelolaan senantiasa mengikuti perkembangan industri pariwisata yang saat ini mulai mengoptimalkan ceruk pasar dari segmen halal tourism.
 
Secara komprehensif, penerapannya dimulai dari pemasok bahan makanan, pengolahan, peralatan dapur, hingga penyajian yang dilakukan dengan mengacu pada kaidah halal.
 
Sebagai informasi, Phinisi memiliki empat hotel kelolaan yang berklasifikasi bintang tiga plus hingga bintang lima di Makassar.
 
Hotel tersebut adalah Dalton Hotel dan Almadera Hotel untuk klasifikasi bintang tiga plus, Claro Makassar (dulu Clarion Makassar) berklasifikasi bintang empat plus, serta The Rinra yang merupakan portofolio perusahaan dengan klasifikasi bintang lima.
 
Jika hotel kelolaan Phinisi itu secara resmi mengantongi sertifikat halal kitchen maka total hotel yang mengadopsi konsep tersebut di Makassar menjadi tujuh hotel.
 
Sebelumnya, telah terdapat dua hotel di Makassar yang terlebih dahulu berkualifikasi dapur halal, yakni Aston Makassar serta Hotel Pesonna.
 
"Insyaallah bila semakin banyak lagi hotel yang tersertifikasi halal, maka akan lebih baik lagi bagi pariwisata Makassar. Lombok saja hanya restoran yang tersertifikasi [halal], sedangkan hotelnya belum. Nah, Makassar malah hotelnya yang duluan tersertifikasi," ujar GM Aston Makassar Joko Budi.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer