Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Gorontalo Hibahkan Tanah Pribadi untuk Dinas Pertanian

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menghibahkan tanah pribadinya untuk pengembangan ayam kampung unggulan yang dikelola oleh Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo.
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kanan)/Antara-Adiwinata Solihin
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie (kanan)/Antara-Adiwinata Solihin

Bisnis.com, MANADO– Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menghibahkan tanah pribadinya untuk pengembangan ayam kampung unggulan yang dikelola oleh Dinas Pertanian Provinsi Gorontalo. Tanah seluas lebih kurang 1,4 hektare tersebut berlokasi di Desa Lonuo, Kecamatan Tilongkabila, Kabupaten Bone Bolango.

Rusli berkisah, tanah tersebut dipinjampakaikan ke Pempov Gorontalo setelah melakukan studi banding di Badan Penelitian Peternakan (Balitnak) di Ciawi, Bogor, Jawa Barat, tahun 2012. Saat itu, Balitnak menawarkan kerjasama untuk pengembangan ayam kampung unggulan untuk bisa diterapkan di Gorontalo.

Dia menjelaskan, ayam KUR [Kampung Unggulan Rusli] ini memiliki keunggulan bila dibandingkan dengan ayam kampung biasa. Jika ayam kampung biasa bertelur 70 butir per tahun, maka ayam ini bisa bertelur 170 – 180 butir tiap tahunnya.

“Waktu itu pemprov belum ada lahan yang siap, makanya saya tawarkan lahan ini untuk menjadi lokasi pengembangan. Waktu itu kita baru memproduksi sekitar 1.500 ekor,” ujarnya, seperti dikutip, Rabu (19/9).

Diresmikan tanggal 5 Maret 2013 untuk produksi DOC (bibit ayam) perdana, kandang Lonuo mulai dipanen hasilnya Mei 2013. Bahkan pemprov saat itu mulai menyalurkan bantuan kepada kelompok ternak, masih-masing 250 ekor setiap kelompoknya.

“Kami berikan secara gratis. Termasuk untuk biaya kandang dan pakannya selama tiga bulan (sekali panen). Setelah itu peternak membeli pakan sendiri,” imbuhnya.

Seiring dengan perkembangannya, ayam KUR mulai dirasakan manfaatnya oleh warga Gorontalo penerima bantuan tersebut. Bahkan, hingga tahun 2017 lalu sudah ada 6810 peternak yang terbantu melalui program tersebut.

Perkembangan pusat pembibitan ayam yang semakin baik membuat Dinas Pertanian bermaksud untuk mempermanenkan lokasi tersebut. Ada dua opsi yang diajukan yakni dengan membeli tanah tersebut kepada Rusli Habibie atau meminta agar tanah tersebut dihibahkan kepada pemprov.

“Saya berembuk bersama keluarga. Saya sampaikan kalau mau dijual setelah dinilai harga rumah dan tanah itu Rp650 Juta harganya. Setelah ditimbang-timbang khususnya dari istri saya beliau bilang hibahkan saja ke pemerintah provinsi,” ujarnya.

Pernyataan Rusli itu pun langsung dibuktikan dengan penyerahan dua buah sertifikat atasnama dirinya kepada Pemprov Gorontalo. Serahterima hibah tanah diterima secara simbolis oleh Muljady Mario selaku Kepala Dinas Pertanian.

“Kita tidak pernah tahu besok, lusa atau kapapun kita mati. Jadi saya hibahkan tanah ini. Selama tanah ini masih berproduksi untuk bibit ayam gratis maka insyaallah mengalir pahalanya untuk saya,” pungkasnya.                                                           

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper