ACT Sulsel Kirim 75 Ton Bantuan untuk Korban Gempa di Lombok

Oleh: Andini Ristyaningrum 18 September 2018 | 14:42 WIB

Bisnis.com, MAKASSAR – Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sulsel kembali mengirimkan bantuan untuk korban gempa di Lombok. Secara total bantuan yang dikirim ACT Sulsel sebanyak 75 ton untuk beberapa item bantuan.

Direktur ACT Sulsel, Syahrul Mubaraq mengatakan, pengiriman bantuan tersebut merupakan yang keduan kalinya dilakukan. Namun, untuk kali ini dilakukan bersamaan dengan peluncuran gerakan #SulselbersamaLombok.

"Dari 75 ton itu, 30 ton di antaranya merupakan beras, 30 ton air mineral siap konsumsi selama satu bulan, selebihnya adalah pakaian baru, kebutuhan bayi dan wanita," ungkap Syahrul usai pelepasan kapal bantuan di Pelabuhan Makassar, Selasa (18/9/2018).

Sebelumnya ACT Sulsel telah mengirimkan bantuan berupa beras dan pakaian baru sebanyak 20 ton menggunakan pesawat hercules. Proses pengiriman bantuan tersebut kata Syahrul akan dilakukan selama tiga bulan ke depan.

Di Lombok pendistribusian bantuan tersebut akan dilakukan oleh 210 posko ACT yang berada di seluruh titik dampak bencana. Dijelaskan Syahrul, keberadaan posko ACT di Lombok sudah menjadi komitmen ACT agar penyaluran bantuan tetap lancar.

"Selain itu kita juga sudah membangun shelter sebanyak 1000 shelter. Hari ini ada peresmian 256 unit shelter dalam satu kawasan ICS (integrity community shelter)," jelas Syahrul.

Ia menjelaskan di kawasan itu tersedia sejumlah fasilitas berupa masjid, sekolah, mck, minimarket. Syahrul menyebut, di minimarket yang disediakan masyarakat bisa berbelanja secara gratis.

"Minimarket nya bisa melayani sekitar 500 KK setiap harinya. Jadi dalam satu minggu ada sekitar 3500 KK di Lombok yang bisa dilayani minimarket tersebut," terangnya.

Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan apresiasinya terhadap langkah yang dilakukan oleh ACT Sulsel, Sudirman yang turut hadir dalam pelepasan kapal bantuan mengatakan, Pemprov Sulsel juga akan selalu siap membantu proses pengiriman bantuan.

"Alhamdulillah ada lembaga sepeti ACT yang mau bertindak. Ini akan kita dorong terus, karena jika terjadi bencana di satu wilayah di Indonesia juga menjadi ujian untuk jiwa nasionalisme kita," ungkap Sudirman usai melepas secara simbolis kapal bantuan ACT Sulsel untuk Lombok.

Rencananya, Pemprov Sulsel melalui Dinas Sosial (Dinsos) akan kembali mengirim bantuan ke lombok. Meski sebelumnya, telah mengirim bantuan berupa tim medis dan kebutuhan pokok. Kali ini pemprov akan mengirim bantuan sesuai yang dibutuhkan para korban di Lombok.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya