Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Tiket Jadi Mahal, Garuda Diminta Buka Lagi Rute Manado-Gorontalo

Pemprov Gorontalo Dorong Garuda Buka Kembali Rute Gorontalo ManadoBisnis.com, MANADOPemerintah Provinsi Gorontalo mendorong maskapai Garuda Indonesia untuk membuka kembali penerbangan rute GorontaloManado guna menjaga stabilitas harga tiket di provinsi tersebut.
Penumpang bersiap menaiki pesawat maskapai penerbangan Garuda Indonesia di Bandara Frans Kaisiepo Biak, Papua, Selasa (29/10/2013). /Bisnis-Dwi Prasetya
Penumpang bersiap menaiki pesawat maskapai penerbangan Garuda Indonesia di Bandara Frans Kaisiepo Biak, Papua, Selasa (29/10/2013). /Bisnis-Dwi Prasetya

Bisnis.com, MANADO—Pemerintah Provinsi Gorontalo mendorong maskapai Garuda Indonesia untuk membuka kembali penerbangan rute Gorontalo—Manado guna menjaga stabilitas harga tiket di provinsi tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, Jamal Nganro mengaku pihaknya telah melakukan pembahasan terkait hal tersebut. Setelah melakukan koordinasi yang intensif dengan pihak Garuda, Jamal mengutarakan bahwa alasan utama yang mendasari ditutupnya rute Gorontalo–Manado yaitu karena adanya keterbatasan armada.

“Oleh karena itu kita masih mencari rute-rute alternatif yang bisa disinergikan dengan rute Gorontalo. Kita sudah diskusikan bagaimana jika Garuda membuka rute Ternate – Manado – Gorontalo ataupun rute Manado – Gorontalo – Palu. Kedua rute ini sangat menjanjikan utamanya dalam mendukung konektivitas pariwisata yang menjadi program unggulan Pemprov Gorontalo,”ujarnya, seperti dikutip, Selasa (11/9/2018).

Selain itu lanjut Jamal, kehadiran maskapai Garuda Indonesia yang melayani rute Gorontalo-Manado sangat dibutuhkan untuk menjaga stabilitas harga tiket. Kadis Perhubungan mencontohkan, sejak Garuda tidak melayani rute Gorontalo – Manado, tidak ada lagi kompetitor dan rute tersebut hanya dilayani oleh satu grup maskapai dengan menggunakan tarif batas atas.

“Karena tidak ada kompetitor, harga tiket saat ini berkisar pada tarif batas atas sekitar Rp800.000. Ketika Garuda ada, tarifnya hanya berkisar antara Rp300.000 sampai Rp500.000,” katanya.

Seperti diketahui, sejak  Mei 2018, secara efektif maskapai penerbangan Garuda Indonesia tidak melayani lagi rute Gorontalo-Manado. Gubernur Gorontalo pun telah melayangkan surat kepada Direktur Utama Garuda Indonesia terkait hal tersebut.

“Menjawab surat Gubernur tersebut, hari ini kami memberikan pernyataan secara tertulis yang menjelaskan berbagai permasalahan operasional dan kemungkinan untuk membuka kembali rute Gorontalo – Manado,” jelas Branch Manager Garuda Indonesia, Fajrin Nurahman.

Fajrin menambahkan, pihaknya saat ini sedang mencari solusi dan alternatif yang memungkinkan dibukanya kembali rute Gorontalo-Manado. Menurutnya, adanya permintaan dari pemerintah dan masyarakat Provinsi Gorontalo, akan menjadi salah satu pertimbangan bagi pihak Garuda Indonesia untuk melayani jalur penerbangan Gorontalo – Manado.

“Tetapi belum bisa dipastikan sekarang kapan rute itu akan dibuka lagi. Kita masih mempelajari berbagai kemungkinan yang ada untuk melayani kebutuhan masyarakat Gorontalo,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper