Pembangunan Jalan Lingkar Manado Dianggarkan Rp150 Miliar

Oleh: Newswire 10 September 2018 | 17:24 WIB
Pembangunan Jalan Lingkar Manado Dianggarkan Rp150 Miliar
Ilustrasi

Bisnis.com, MANADO – Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XV Sulawesi Utara dan Gorontalo Triono Junoasmono mengatakan, dana sebanyak Rp150 miliar dialokasikan untuk membangun "Manado Outer Ring Road-III" di Kota Manado, Sulawesi Utara.

"Anggaran sebesar itu (Rp150 miliar) akan diplot untuk membangun ruas jalan sepanjang 4,4 kilometer pada 2018," kata Junoasmono di Manado, Senin (10/9/2018).

BPJN XV, lanjut dia, belum masuk untuk pembangunan fisik karena menunggu proses pembebasan lahan selesai dilakukan.

"Pembebasan lahannya masih berproses, kami menunggu hingga proses pembebasan lahannya selesai, setelah itu masuk," ujarnya.

Junoasmono berharap sebelum pembangunan fisik dilakukan, pembebasan lahan sudah tuntas baik secara fisik maupun administrasi.

Alasannya, apabila lahannya belum bebas, akan menghambat pengerjaan fisik jalan dan pada akhirnya akan berdampak pada bergesernya jadwal penyelesaian. Di sisi lain, apabila proyek sudah dimulai namun lahan belum bebas, harga tanah akan melambung.

"Itu harapan kami ke depan sehingga proyek-proyek yang direncanakan dapat diselesaikan sesuai jadwal," ujarnya.

Pembangunan "MORR-III" yang menghubungkan Winangun-Malalayang akan mengurai kemacetan jalan utama yang melintas di ruas Malalayang.

Kendaraan yang akan menuju ke arah utara Kota Manado, Bandara Sam Ratulangi, Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, Pelabuhan Bitung, bahkan kawasan pariwisata Likupang, tidak perlu lagi melintasi Malalalayang dan ruas Boulevard karena bisa langsung mengakses "MORR-III" yang akan terkoneksi dengan "MORR-II" dan MORR-I.

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya