Enam Bulan Jadi Penjabat Gubernur, Ini Hadiah Soni Sumarsono untuk Sulsel

Selama enam bulan menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono mengaku mendapat banyak hal yang berkesan.
Andini Ristyaningrum | 05 September 2018 17:37 WIB
Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Soni Sumarsono usai bertemu dengan Gubernur Sulsel terpilih Nurdin Abdullah Kamis )16/8/2018). - Bisnis/Andini Ristyaningrum

Bisnis.com. MAKASSAR - Selama enam bulan menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono mengaku mendapat banyak hal yang berkesan.

Terhitung hari ini Rabu (5/9/2018), Sumarsono melepas jabatannya setelah Gubernur dan Wakil Gubernur Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman resmi dilantik oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara.

Sebelum melepas masa jabatannya, Sumarsono telah mempersembahkan sebuah hadiah untuk Sulsel. Di masa jabatannya Sumarsono berhasil menjadi penggagas kehadiran lagu mars Sulsel.

Menurutnya, daerah semaju Sulsel sudah seharusnya memiliki lagu mars. Satu hal yang tidak dimiliki Sulsel hingga usianya menginjak 412 tahun.

"Menjadi penggagas hadirnya mars Sulsel, membuat saya merasa bisa dikenang selamanya di kota Anging Mammiri ini. Meskipun hanya menjabat selama enam bulan," jelas Sumarsono beberapa waktu lalu.

Sayembara pembuatan lagu pun dilakukan pada April 2018 lalu. Setelahnya dipilihlah satu karya yang menurut Sumarsono sangat menggambarkan wajah Sulsel. Pemenang lomba Karya Cipta Mars Sulsel jatuh pada Arifin Manggau.

Seorang dosen Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (UNM). Legitimasi terhadap lagu tersebut kemudian dilakukan dengan penandatanganan pengusulan mras tersebut ke dalam Peraturan Gubernur (Pergub) oleh Sumarsono.

"Itu hadiah saya untuk Sulsel, hadiah yang terpikirkan ketika saya menikmati deru ombak di satu sore di Pantai Losari," ungkap Sumarsono.

Melepas masa jabatannya, Sumarsono juga mempersembahkan sebuah sajak perpisahan. Dengan lirik syahdu tulisan itu dibagikan langsung Sumarsono kepada awak media di Makassar. Berikut kutipan sajak yang dibuat Sumarsono, sehari sebelum penatikan Gubernur baru Sulsel digelar:

"Engkau boleh jadi karena termakan  waktu akan sedemikian mudah melupakanku. Namun, bagaimanapun petir menyambar, aku tak akan pernah bisa melupakanmu karena engkau telah tertanam dan hidup di dalam hati sanubariku. Dan kusiram dengat air kasih sayang dan keiklasan dalam pengabdian, Sulselku," tulis Sumarsono.

Diketahui, Soni Sumarsono merupakan Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang ditugaskan Presiden Jokowi untuk menjadi Pj Gubernur Sulsel setelah masa jabatan Syahrul Yasin Limpo berakhir. Tercatat Sumarsono memimpin Sulsel selama hampir enam bulan.

Tag : sulsel
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top