Pemkot Palu dan TNI Buka Lahan Pertanian Baru 100 Hektare

Komando Distrik Militer 1306/Donggala bersama Pemerintah Kota Palu, membuka lahan pertanian seluas 100 hektare.
Newswire | 05 September 2018 02:36 WIB

Bisnis.com, PALU – Komando Distrik Militer 1306/Donggala bersama Pemerintah Kota Palu, membuka lahan pertanian seluas 100 hektare sebagai upaya untuk membantu masyarakat di Kelurahan Poboya, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

Pembukaan lahan itu dipimpin Komandan Kodim 1306/Donggala Letkol Kav I Made Maha Yudhaksa, yang membuka lahan tidur menjadi kebun pertanian, khususnya komoditas jenis bawang merah lokal Palu.

Made dalam siaran persnya di Palu, Selasa (4/9/2018), mengatakan, pihaknya siap membantu masyarakat jika dibutuhkan kapan saja, terutama di bidang pertanian. Hal ini dimaksud agar TNI bersama masyarakat bisa saling menjaga ketahanan pangan.

Lahan pertanian bawang terdapat di beberapa lokasi, salah satunya di lokasi yang tidak jauh dari wilayah pertambangan Poboya. Di areal tersebut, pihak Kodim menanam bawang seberat 80 ton.

Dia menjelaskan lahan yang sedang dikerjakan itu, nantinya akan dilanjutkan oleh masyarakat.

Untuk mengerjakan dan membuka lahan baru, Kodim menurunkan sebanyak 15 personel dan menargetkan penanaman bawang dimulai 12 September 2018 mendatang.

Sementara itu, Kadis Pertanian Palu, Burhan Hamading mengungkapkan, keterlibatan TNI bersama Pemkot Palu telah tertuang dalam nota kerja sama.

"Kami memilih TNI, karena kerjanya disiplin dan hasilnya selalu tepat waktu," ujar Burhan.

Kebun bawang nantinya akan dijadikan tempat wisata. Karena, Kota Palu saat ini menjadi kota tujuan wisata, bukan lagi tempat persinggahan.

Dandim menambahkan, usaha tanam bawang tersebut juga untuk menyelaraskan visi dan misi Pemkot Palu, yang ingin menjadikan daerah itu sebagai tujuan wisata dengan beragam adat dan budayanya.

Dandim berharap pembukaan lahan pertanian bawang itu, dapat membantu ekonomi masyarakat sekitar.

Sumber : Antara

Tag : pertanian
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top