PKL Center Makassar Didorong Jadi Destinasi Wisata Kuliner Nasional

Pemerintah Kota Makassar akhirnya meresmikan Pedagang Kaki Lima (PKL) Center di Lapangan Karebosi. Kawasan ini akan didorong menjadi destinasi wisata kuliner nasional.
Andinu Ristyaningrum | 18 Agustus 2018 12:48 WIB
Peresmian PKL Center atau Pusat Kuliner Makassar Kanre Rong ri Karebosi oleh Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, Jumat (17/8/2018) - Andinu Ristyaningrum

Bisnis.com, MAKASSAR -- Pemerintah Kota Makassar akhirnya meresmikan Pedagang Kaki Lima (PKL) Center di Lapangan Karebosi. Kawasan ini akan didorong menjadi destinasi wisata kuliner nasional.

Secara resmi pusat kuliner yang diberi nama Kanre Rong ri Karebosi (Ayo Makan di Karebosi) itu dibuka bertepatan pada HUT ke-73 RI, Jumat (17/8/2018).

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan, pembukaan PKL center salah satu upaya mendorong peningkatan ekonomi makro di Makassar.

"Pembukaan Kanre Rong ri Makassar ini merupakan bentuk kesuksesan PKL kita. Di sini akan menjajakan berbagai kuliner khas Makassar," ungkap Danny sapaan akrabnya usai acara peresmian berlangsung.

Pusat kuliner yang berlokasi di sebelah selatan Lapangan karebosi Jalan Kartini itu diisi oleh 300 stand PKL yang sebelumnya tersebar di beberapa titik di Makassar. Di antaranya di Jalan Masjid Raya, Jalan Sunu, dan Jalan AP Pettarani.

Setiap stand yang diisi oleh PKL di kawasan tersebut diserahkan secara gratis bagi oleh Pemkot Makassar. Untuk menjaga keindahan dan tetap tertata pembinaan dan bimbingan juga akan terus diberikan oleh SKPD terkait.

"Jadi setiap PKL kami targetkan, mampu beromzet Rp2 juta per malam. Dengan begitu kami prediksi bisa menyumbang PAD sebesar Rp17 miliar per tahun," ungkap Danny.

Diketahui pusat kuliner tersebut mulai digenjot pembangunannya sejak 2016 lalu dengan anggaran sebesar Rp9 miliar. Danny menyebutkan kehadiran PKL Center juga sebagai upaya menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran di Kota Makassar.

Ketgam : Peresmian PKL Center atau Pusat Kuliner Makassar Kanre Rong ri Karebosi oleh Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, Jumat (17/8/2018) / Andinu Ristyaningrum

Tag : kuliner
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top