Menuju Bitung, KMP Bandeng Dilaporkan Hilang Kontak

KMP Bandeng yang dioperasikan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ternate dilaporkan hilang kontak pada Rabu (15/8) sekitar pukul 11.15 WIT dalam perjalanan dari Tobelo menuju Bitung, Sulawesi Utara untuk melakukan proses perawatan kapal (docking).
Ilustrasi kecelakaan kapal
Ilustrasi kecelakaan kapal
Bisnis.com, MANADO--KMP Bandeng yang dioperasikan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Ternate dilaporkan hilang kontak pada Rabu (15/8) sekitar pukul 11.15 WIT dalam perjalanan dari Tobelo menuju Bitung, Sulawesi Utara untuk melakukan proses perawatan kapal (docking). 
 
Berdasarkan keterangan resmi PT ASDP Indonesia yang diperoleh Bisnis,  Rabu (15/8), KMP Bandeng sebelumnya diberangkatkan dari Tobelo pada Selasa (14/8) pukul 22.20 WIT, yang pada saat itu kondisi cuaca bersahabat.
 
 Dalam perjalanan, pada Rabu (15/8) sekitar pukul 11.00 WIT dilaporkan KMP Bandeng meminta izin ke supervisi Cabang Ternate untuk kembali ke Tobelo karena kondisi cuaca yang tidak memungkinkan. Adapun dari pantauan Vessel Monitoring System (VMS), saat terjadi hilang kontak posisi kapal berada di koordinat long 127 ' 31' 10.20 ' E dan lat 2 ' 0 '17.70 ' N. 
 
Setelah dilaporkan hilang kontak, pihak Cabang Ternate langsung menghubungi Basarnas dan Polairud. 
Selanjutnya, pihak Basarnas  meluncurkan KM Pandudewananta ke lokasi terakhir KMP Bandeng saat hilang kontak pada pukul 16.00 WIT dan diperkirakan akan sampai di lokasi 4 jam kemudian atau pukul 20.00 WIT atau pukul 18.00 WIB. 
 
Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Alini menyatakan, sampai saat ini perseroan masih terus melakukan koordinasi dengan pihak Basarnas dan Polairud yang masih melakukan pencarian KMP Bandeng. 
 
"Kami akan menyampaikan informasi lebih lanjut setelah kami mendapatkan keterangan resmi dari Basarnas terkait hasil pencarian yang dilakukan terhadap KMP Bandeng," ujarnya.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper