Pelabuhan Anggrek Gorontalo Masuk Proyek Garapan Pemerintah-Badan Usaha

Pelabuhan Anggrek di Gorontalo dan Pelabuhan Bau-Bau di Sulawesi Tenggara menjadi dua pelabuhan di Indonesia yang rencananya akan dibangun melalui dana investasi swasta/BUMN.
Pulau Huha di Kabupaten Gorontalo Utara/Istimewa
Pulau Huha di Kabupaten Gorontalo Utara/Istimewa

Bisnis.com, MANADO – Pengembangan pelabuhan Anggrek sebagai pelabuhan laut terbesar di Gorontalo dipastikan masuk ke dalam rencana pemerintah pusat dalam Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Pelabuhan Anggrek di Gorontalo dan Pelabuhan Bau-Bau di Sulawesi Tenggara menjadi dua pelabuhan di Indonesia yang rencananya akan dibangun melalui dana investasi swasta/BUMN.

Kepastian itu diperoleh saat Gubernur Gorontalo Rusli Habibie bertemu dengan Sekretaris Jenderal Kementrian Perhubungan RI (Sekjen Kemenhub) Joko Sasono, di Jakarta, Senin (13/8/2018). Rusli datang ke Kemenhub didampingi Kadis Perhubungan Gorontalo Jamal Nganro.

“Pak Sekjen tadi menjelaskan bahwa pengembangan Pelabuhan Anggrek ini akan dibangun dengan skema KPBU yang sudah disetujui oleh Bappenas dan Kementrian Keuangan. Ini perencanaannya sedang disiapkan tahun ini,”ujarnya seperti dikutip, Selasa (14/8).

Rencana pengembangan tersebut sejalan dengan keinginannya untuk merevitalisasi pelabuhan Anggrek. Sebagai pelabuhan andalan untuk kegiatan ekspor impor,  Pelabuhan Anggrek diharapkan dapat ditingkatkan daya dukung fasilitas kepelabuhanan.

“Kami berharap dermaga lama yang dibangun tahun 1995 dengan ukuran 150×12 meter dapat dilakukan perkuatan. Daya dukung kita masih 1.500 DWT sementara kapal yang sandar saat ini mencapai 18.000 – 20.000 DWT,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Deandra Syarizka
Editor : Fajar Sidik

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper