Bukti Kemajuan Sulsel Dipamerkan di Sulsel Expo 2018

Oleh: Andini Ristyaningrum 09 Agustus 2018 | 09:46 WIB
Stand Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura (DKPTPH) Sulsel di Sulsel Expo 2018./Bisnis-Andini Ristyaningrum

Bisnis.com, MAKASSAR -- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan kembali menggelar Sulsel Expo. Kali ini sebanyak 89 stand turut meramaikan pameran yang digelar di Celebes Convention Center ini.

Pameran itu menjadi salah satu media untuk memperlihatkan kepada masyarakat bentuk kemajuan pembangunan Sulsel.

Pejabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono menerangkan Sulsel Expo digelar untuk mengaktualisasikan apa yang telah pemerintah lakukan selama satu tahun terakhir. Selain itu pameran ini digelar dalam rangka memperingati HUT ke-73 RI.

"Inilah bentuk klarifikasi dan ukuran yang dapat ditunjukkan, kinerja yang ada, sebagai turunan Kabinet Kerja. Apalagi didukung dengan semakin membaiknya pertumbuhan ekonomi di Sulsel," kata Sumarsono usai membuka Sulsel Expo, Rabu (8/8/2018).

Seluruh capaian positif Sulsel bisa ditemukan di pameran yang akan berlangsung hingga 12 Agustus mendatang. Salah satu bentuk kemajuan Sulsel kata Sumarsono yaitu bekerjanya sektor-sektor riil pada triwulan I 2018 yang mampu menopang ekonomi Sulsel di angka 7,41%.

Tak hanya itu, pada 2017 lalu berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulsel, perkembangan pembangunan jangka panjang Provinsi Sulsel yang diukur dengan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mampu mencapai 70,34. Angka tersebut meningkat 4,34 poin sejak 10 tahun terakhir.

"Peningkatan nilai IPM tersebut bermakna apa yang kita lakukan bersama telah berada pada sasaran kebjakan yang tepat dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat," terang Sumarsono.

Ketua Panitia Sulsel Expo 2018 Jufri Rahman menambahkan bahwa di tahun ini Sulsel Expo berlangsung lebih meriah dibanding perhelatan dua tahun lalu di kawasan Center Point of Indonesia (CPI).

Pada pameran kali ini 18 kabupaten/kota memamerkan ciri khas dan prestasi-prestasi yang telah diraih. Begitupun dengan instansi-instansi dalam di lingkup Provinsi Sulsel dan intansi vertikal atau instansi swasta di Sulsel.

"Tahun ini Sulsel Expo diisi dengan beragam rangkaian acara, misalnya perlombaan yang melibatkan masyarakat umum. Alhamdulillah semakin tahun acara ini digelar semakin baik," ungkap Jufri yang merupakan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel.

Ia berharap, acara yang mengangkat tema "Akselarasi Pemerataan Pembangunan Wilayah Dalam Meningkatkan Daya Saing, Serta Meningkatkan Stabilitas Politik dan Keamanan" inu bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Sejumlah kegiatan akan meramaikan Sulsel Expo 2018 yakni pameran, karnaval budaya 3 KM, lomba tari, stand-up comedy dan pertunjukan, lomba da'i, tamiya, cat show, mobile legend, fashion show, dangdut.

Kegiatan ini diikuti 38 SKPD dan 18 kabupaten/kota, 14 Peserta dari BUMN dan BUMD serta perguruan tinggi serta 27 peserta dari unsur swasta. 

Editor: Saeno

Berita Terkini Lainnya