Sulteng Targetkan Produksi Kedelai 79.396 Ton

Oleh: Newswire 31 Juli 2018 | 11:29 WIB
Sulteng Targetkan Produksi Kedelai 79.396 Ton
Ilustrasi./JIBI-Nurul Hidayat

Bisnis.com, PALU – Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menargetkan produksi kedelai mencapai 79.396 ton pada 2018 dari lahan panen seluas 38.321 hektare yang tersebar di seluruh kota/kabupaten di Sulteng.

"Target produksi ini niscaya bisa terpenuhi," kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sulteng Trie Iryani Lamakampali di Palu, Selasa (31/7/2018).

Ia menjelaskan produksi sebanyak itu akan tercapai dengan asumsi hasil panen petani bisa mencapai 20,72 kuintal per hektare.

Selama ini Sulteng baru mencapai swasembada untuk satu komoditas pangan yakni beras, sedangkan kedelai dan jagung belum.

Dalam beberapa tahun ke depan, Sulteng diharapkan bisa menjadi sentra produksi kedelai dan jagung karena didukung lahan potensial yang masih cukup luas di seluruh kabupaten dan kota di provinsi ini.

Karena itu, sejak beberapa tahun ini, Pemprov Sulteng gencar mengembangkan jagung, kedelai, bawang dan cabai.

Jika program ini berjalan dengan baik, katanya, tidak mustahil Sulteng bisa swasembada kedelai dan jagung sebagaimana yang diharapkan pemerintah pusat.

Pemerintah pusat, kata Trie setiap tahun menyiapkan anggaran untuk pengembangan beberapa komoditas pangan, begitu pula pemerintah daerah.

Salah satu daerah pengembangan kedelai adalah Kabupaten Sigi. Daerah tingkat II di Sulteng yang berbatasan langsung dengan Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng, itu memiliki lahan yang luas dan kondisi tanah dan iklim yang mendukung pengembangan komoditas tersebut.

Sumber : Antara

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya

Berita Populer