Vale Indonesia Rayakan Konsistensi 50 Tahun

Oleh: Amri Nur Rahmat 28 Juli 2018 | 09:43 WIB
Aktivitas penambangan nikel milik PT Vale Indonesia, Tbk terlihat di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan./JIBI-Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, SOROWAKO -- PT Vale Indonesia Tbk., emiten pertambangan yang berbasis di Sulawesi Selatan, menggelar berbagai kegiatan sebagai bagian peringatan hadir di Indonesia selama 50 tahun. 

Serangkaian acara dilaksanakan di Sorowako yang merupakan daerah basis produksi Vale selama melakukan kegiatan pertambangan di Indonesia.

Senior Manager Communication Vale Indonesia Budi Handoko mengatakan kegiatan yang dilaksanakan berupa jalan santai, beragam hiburan dan pesta rakyat, pameran foto perusahaan hingga fasilitasi promosi bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal termasuk yang dibina oleh perseroan. 

"Perayaan HUT Vale dengan skala seperti ini baru dilakukan. Tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan secara sederhana. Namun, tahun ini momentumnya juga 50 tahun, usia emas," ujarnya, Sabtu (28/7/2018).

Adapun kegiatan yang dipusatkan pada camp site Sorowako itu dipadati sekitar 5.000 peserta jalan santai yang terdiri dari masyarakat umum serta karyawan Vale.



Sebagai informasi, emiten dengan kode INCO ini merupakan afiliasi korporasi global Vale yang berbasis di Brasil.

Vale Indonesia berdiri pada Juli 1968, dengan nama PT International Nickel Indonesia (INCO), menandatangani Kontrak Karya (KK) yang merupakan lisensi dari Pemerintah Indonesia untuk melakukan eksplorasi, penambangan, dan pengolahan bijih nikel.

Sejak saat itu, Vale memulai pembangunan smelter di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

Melalui Perjanjian Perubahan dan Perpanjangan yang ditandatangani pada Januari 1996, KK tersebut telah diubah dan diperpanjang masa berlakunya hingga 28 Desember 2025.

Editor: Annisa Margrit

Berita Terkini Lainnya