BPN : Sertifikat Tanah Punya Nilai Ekonomi

Oleh: Rustam Agus 27 Juli 2018 | 12:25 WIB
Presiden Jokowi saat menyerahkan sertifikat tanah dii Bal/Setkab

Bisnis.com, BAUBAU--Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, menyatakan sertipikat tanah mempunyai pengaruh terhadap nilai ekonomi masyarakat.

"Di samping secara hukum telah memiliki legalitas, sertifikat ini berguna untuk menambah modal usaha. Maka dari itu, harus dapat memanfaatkannya," ujar Kepala BPN Baubau, Abdul Muin,di Baubau,Jumat.

Menurut dia, masyarakat penerima sertifikat harus dapat memanfaatkannya seperti istilah akses reformasi melalui usaha-usaha mikro kecil, bukan hanya untuk disimpan.

"Sertifikat tanah itu kalau sudah didaftar otomatis sudah ada perlindungan hukum yang bersangkutan," katanya.

Dalam memanfatkan sertipikat sebagai modal usaha melalui instansi perbankan juga, kata Muin, tentu ada berkaitan dengan BPN dalam hal penerbitan hak tanggungan melalui Penjabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) yang membuat akta pembebanan hak tanggungan.

"Jadi kalau sudah ada akta itu dari notaris PPAT ke BPN, maka kita terbitkan sertifikat hak tanggungan. Jadi hak tanggungan ini yang langsung ke bank," katanya.

Menurut dia juga, selama ini masyarakat yang mengurus hak tanggungan dalam proses pengajuan kredit cukup lancar.

"Jadi selama ini masyarakat tidak langsung ke BPN tapi langsung kepada PPAT yang resmi yang sudah dilantik oleh BPN," ujarnya, seraya menyebutkan terdapat sembilan notaris PPAT dan PPAT camat di Baubau.

Tambah dia, PPAT camat yang SK-nya langsung dari Kanwil BPN belum semuanya dilantik karena pejabat birokrasi tersebut kendalanya ada yang baru pindah atau mutasi.

Editor: Rustam Agus

Berita Terkini Lainnya