Puncak Torch Relay Asian Games 2018 di Sulsel, Begini Rencananya

Oleh: Andini Ristyaningrum 23 Juli 2018 | 16:28 WIB
Lagenda bulu tangkis Indonesia Susi Susanti (tengah) menyalakan kaldron dengan obor Asian Games 2018 saat prosesi Torch Relay Asian Games 2018 di lautan pasir Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Sabtu (21/7)./Antara-Zabur Karuru

Bisnis.com, MAKASSAR — Manajemen Grab Indonesia Wilayah Makassar siap turut andil pada pelaksanaan torch relay atau kirab obor Asian Games 2018 di Sulsel. 

Sebanyak 100 pengemudi (driver) Grab Bike akan terlibat dalam konvoi kirab obor Asian Games.

Marketing Executive Grab Makassar, Heri Siswanto menjelaskan, 100 driver Grab Bike tersebut siap mengawal api abadi Asian Games 2018 yang akan diarak di Kota Makassar.

"Secara resmi Grab ditunjuk INASGOC menjadi official sponsor Asian Games 2018. Makassar sendiri sudah siap dengan 100 driver terbaik yang dipilih dengan tiga kriteria," jelas Heri, seusai mengikuti rapat akhir persiapan torch relay Asian Games 2018 di kantor Gubernur Sulsel, Senin (23/7/2018).

Asian Games kata dia, merupakan momen yang tepat untuk mengampanyekan komitmen Grab Indonesia yang bertajuk 'Kemenangan Itu Dekat'.

Meski acara ini dipusatkan di Jakarta dan Palembang, manajemen Grab berharap animo Asian Games juga dirasakan masyarakat Makassar. Torch relay Asian Games 2018 sendiri akan dilakukan di lima di kabupaten di Sulsel.

"Konvoi dari 100 driver terbaik Grab Bike nanti akan mengawal di wilayah Makassar saja. Titik kumpul di Monumen Mandala," jelas Heri.

Kepala Dinas Kepemudaan da Olahraga Sulsel Sri Endang mengungkapkan, api obor Asian Games 2018 dijadwalkan tiba di Lanud Hasanuddin Maros pada Sabtu (28/7/2018). Kedatangan api akan disambut dengan atraksi empat Sukhoi.

Seusai penyambutan di Lanud Hasanuddin, api obor tersebut akan diarak menuju Pantai Bira Bulukumba, dari Kota Makassar melalui Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng. Pelaksanaan torch relay di Pantai Bira akam diramaikan dengan festival budaya.

"Pelaksanaan torch relay Asian Games di Makassar memang agak berbeda, sebab setelah disambut di Pantai Bira, api obor akan dibawa kembali ke Makassar dengan kapal Pinisi."

Api obor akan tiba di Pelabuhan Soekarno-Hatta dan selanjutnya dibawa ke Lantamal VI Makassar menggunakan Kapal Dewaruci.

Setelah itu api obor akan diarak ke Anjungan Pantai Losari yang merupakan salah satu ikon Kota Makassar sekaligus menjadi puncak acara kirab obor Asen Games di Sulsel.

Editor: Miftahul Ulum

Berita Terkini Lainnya